yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Benahi Kecamatan Secanggang Dulu Pak…!!!
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Pak Pur Secanggang- News Metrolangkat.com “Kami masyarakat kelurahan Hinai Kiri merasa heran dengan lurah yang bisa seenaknya saja men...
Pak Pur

Secanggang- News Metrolangkat.com

“Kami masyarakat kelurahan Hinai Kiri merasa heran dengan lurah yang bisa seenaknya saja mengadakan penjaringan Kepala Lingkungan tanpa mengikuti peraturan yang berlaku, begitu juga dengan pihak Pemerintahan Kecamatan Seccanggang yang tidak aktif dalam menyelesaikan kekisruhan ini,mereka menutup mata seakan akan tidak ada masalah.

Permasalahan yang ada mengenai kekisruhan penjaringan Kepala Lingkungan di Kelurahan Hinai Kiri ini sudah lama terjadi berawal di bulan Desember 2016 “ ujar Pak Purwanto yang akrab dipanggil dengan nama Pak Pur.

Awalnya pada sekitar bulan Desember 2015, kami mendengar adanya wacana mengenai pengangkatan Kepala Lingkungan IV, VII dan VIII yang akan dilakukan oleh Bpk. Dalori selaku Lurah Hinai Kiri, kami merasa heran dalam pengangkatan Kepling koq tidak dilakukan penjaringan oleh pihak kelurahan.
Akibat nya masyarakat  kelurahan hinai kiri tidak menyetujui pengangkatan ini.

 “Kami tidak menyetujui pengangkatan yang ditunjuk langsung oleh lurah ini kemudian berkali kali kami mendatangi Kantor Kelurahan untuk bertanya mengenai pengangkatan kepling kepada lurah namun lurah tidak pernah ada di kantor dan susah untuk dijumpai, jadi kami langsung ke kantor camat untuk menyampaikan aspirasi kami kepada Camat Secanggang” tambah Pak Pur.

Setelah adanya reaksi masyarakat yang tidak menyetujui tentang wacana yang dikeluarkan oleh Lurah Hinai Kiri untuk mengangkat Kepala Lingkungan yang jelas tidak sesuai peraturan tersebut, maka di bulan Januari 2017 ada sebuah pengumuman yang dikeluarkan oleh Kelurahan Hinai Kiri berisi pemberitahuan kepada warga khusus nya di lingkungan IV, VII dan VIII yang ingin menjadi Kepling agar mengajukan permohonan yang ditujukan kepada lurah Hinai kiri dengan berbagai syarat yang ditentukan seperti surat permohonan diatas kertas ber - materai 6000, Photo Copy KTP dan Photo Copy Ijazah kemudian tertera juga dikertas pengumuman ini bahwa penutupan pendaftaran pada tanggal 21 Januari 2017.

Kemudian  kembali terjadi kekisruhan yang sangat fatal dilakukan oleh Dalori Lurah Hinai Kiri karena ketika belum berakhirnya masa pendaftaran, Lurah Hinai Kiri Mengeluarkan SK  No : 141-07/SK/HK/2017 Tentang Pengangkatan Kepala Lingkungan Kelurahan Hinai Kiri Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat Ditetapkan Pada Tanggal 07 Januari 2017.

Dengan rasa kesal bercampur bingung Pak Pur mengungkapkan “ masa pendaftaran nya belum habis tapi tiba tiba lurah mengeluarkan SK Pengangkatan Kepling IV, VII dan VII kepada orang yang kami duga tidak mengikuti penjaringan sementara itu ada dua orang warga yang telah memberikan berkas untuk penjaringan kepala lingkungan kelurahan hinai kiri kepada Sekretaris Lurah malah tidak di perdulikan.

Ini kan jelas pelanggaran terhadap peraturan. Pak Pur menekankan bahwa masyarakat menduga terbit nya SK Pengangkatan Kepling IV, VII dan VIII merupakan suatu bentuk tidak adanya transparansi dan kepatuhan kepada hukum yang dilakukan oleh Lurah Hinai Kiri.

Kami menduga adanya suatu transaksional yang dilakukan oleh Lurah dan Kepling yang diangkat, masyarakat terkejut dan menentang dengan sikap lurah yang semakin arogan apalagi ketika kami bertanya kenapa tiga orang kepling itu sudah dia keluarkan SK nya sementara waktu pendaftaran belum berakhir malahan lurah menjawab itu adalah hak preogratif dia.

” Kemudian masyarakat kelurahan hinai kiri meminta agar diadakan pertemuan dengan Lurah untuk membahas keberatan mereka terhadap penerbitan SK Pengangkatan Kepling.  “Kami meminta agar diadakan pertemuan dengan Lurah untuk membahas penerbitan SK itu kemudian Lurah bilang pertemuannya nanti diadakan di kantor camat, saya tanya kenapa tidak di Kantor Kelurahan saja ? tapi sekali lagi dengan rasa yang sangat arogan Lurah menjawab terserah aku lah mau dimana, mau di gudang kek, mau dibawah pokok sawit kek, itukan hak aku,” ujar Pak Pur sedikit Jengkel.

Dan pada sekira bulan Februari diadakanlah pertemuan di Kantor Camat Secanggang untuk membahas mengenai permintaan masyarakat untuk pembatalan SK Pengangkatan Kepala Lingkungan Kelurahan Hinai Kiri yang dihadiri oleh perwakilan Masyarakat Kelurahan Hinai Kiri, Lurah Hinai Kiri, Bhabinsa Kelurahan Hinai Kiri Bpk. Suprianto dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Hinai Kiri Bripka Irwan Ahmad.

Dalam pertemuan ini Lurah berjanji untuk melakukan kembali penjaringan ulang mengenai pengangkatan kepala lingkungan kelurahan hinai kiri dan akan mencabut SK Pengangkatan Kepala Lingkungan IV, VII dan VIII yang telah dia terbitkan pada bulan Januari 2016 yang lalu dan hal ini menjadi kesepakatan yang disaksikan oleh seluruh hadirin peserta musyawarah ini.

Yang sangat aneh dalam pertemuan di Kantor Camat Secanggang ini adalah tidak adanya satupun orang yang mewakili pihak Pemerintahan Kecamatan Secanggang untuk mengikuti jalannya pertemuan ini. “Tidak ada satupun dari pihak kecamatan secanggang yang ikut hadir, camat bilang dia ada kegiatan di luar lantas bagaimana dengan Sekcam, Kasipem dan Staf – staf yang ada di kantor kecamatan secanggang ? inikan urusan pemerintahan janganlah mereka tutup mata.

Sedangkan pihak aparat keamanan saja hadir padahal ini bukan urusan keamanan dan kami juga tidak berbuat anarkis koq. Dan hingga saat ini pun pihak pemerintahan kecamatan secanggang tidak mengambil suatu langkah apapun untuk menyelesaikan permasalahan ini”. Tegas Pak Pur.

Dari tiga kepala lingkungan yang dijanjikan oleh lurah untuk dicabut kembali SK nya hanya terjadi pada lingkungan IV saja sedangkan untuk lingkungan VII dan VIII SK Pengangkatan mereka belum dicabut. Kemudian yang berlaku sebagai PLT Kepling IV langsung di jabat oleh Lurah Dalori.

Namun Pak Pur menjelaskan sebagai Kepling IV Lurah tidak pernah datang  meninjau ke lingkungan IV “Lurah tidak pernah datang ke lingkungan IV melihat masyarakat dan situasi disini terus juga kenapa Kepling VII dan VIII belum juga dicabut SK nya sedangkan mereka ini kan pengangkatan nya di waktu yang sama dan sama sama bemasalah juga.

Untuk itu masyarakat berharap agar Bpk. Bupati Ngogesa Sitepu menyikapi permasalahan yang ada di kecamatan secanggang ini karena pemerintahan yang ada selalu membuat kisruh dan gaduh masyarakat sehingga menyebabkan perpecahan antar masyarakat itu sendiri sedangkan pihak pemerintahan kecamatan secanggang pun terkesan tidak mau menyelesaikan permasalahan yang ada.

Hal ini menjelaskan bahwa dalam menjalankan roda pemerintahan di kecamatan secanggang tidak berlaku segala peraturan yang dibuat oleh Negara ini. Sebagai contoh mengenai Pengangkatan Kepala Lingkungan di Kabupaten Langkat itu telah diatur oleh Perbup Langkat No. 24 Thn 2016 dan ditandatangani oleh Bupati Langkat. itu pun mereka langgar, artinya mereka itu selaku pembantu Bupati berani tidak mengikuti Peraturan Bupati. Hebat..!

Untuk itu, sebelum Bupati Langkat meningalkan Langkat menuju Sumut-1, alangkah eloknya membenahi berbagai persoalan yang terjadi di Langkat khususnya kecamatan Secanggang. “ Ya harapan kita Bupati turun tangan menyelesaikan masalah ini,jangan angap enteng dengan persoalan ini, sebab menyangkut kepentingan masyarakat,” ujar warga Setempat. (Yoga)
Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top