yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Sedih, Grand Louncing e-Goverment BSC & BCC Tak Dihadiri Menteri
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Louncing BSC&BCC Binjai- News Metrolangkat.com Empat menteri dari Jakarta dikabarkan akan menghadiri grand louncing e-go...

Louncing BSC&BCC



Binjai- News Metrolangkat.com

Empat menteri dari Jakarta dikabarkan akan menghadiri grand louncing e-goverment BSC& BCC. Oleh karena itu berbagai persiapan dilakukan untuk menyambutnya. Kerja keras dilakukan para pejabat instansi terkait dari pagi hingga malam hari.  Wajah “kusam” Pemko Binjaipun langsung dipoles dengan sedemikan rupa. Pagar yang tadinya berkarat diperempatan jalan dicat norak agar terlihat wah nantinya. 

Dan begitu tiba hari H –nya, ratusan karangan bungga menyambut kedatangan seluruh pejabat daeerah yang diundang Pemko Binjai, Kamis (30/3/17) untuk menghadiri kegiatan Grand Launching e-Goverment Binjai Smart City dan peresmian gedung Binjai Command Center (BCC) di kantor Walikota Binjai, jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai.

Sayangnya, tak seorangpun Menteri yang terlihat hadir pada acara ini. Hal ini tentu saja membuat kecewa. Bahkan, saat acara sedang berlangsung hujan deraspun menguyur seakan menambah rasa kecewa itu meski sebenarnya hujan tersebut adalah rahmad.

Dari pantauan wartawan pejabat tinggi yang kelihatan hadir dalam kegiatan ini, Gubernur Sumatera Utara, H.T. Erri Nuradi, Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Rycko, Staf Ahli Mendagri bidang pemerintahan, Suharjo Diantoro, DR. Ir. Ophirtus Sumule DA, Direktur Sistem Inovasi Kementrian, Ristek Dikti, serta pemimpin daerah Kabupaten/ Kota se-Smuatera Utara.

Kapolres Binjai, AKBP M. Rendra Salipu, Kajari Binjai, Wilmar Ambarita, Ketua DPRD Binjai, Zainuddin Purba, Kaden Brimob, AKBP Nugroho Tri, anggota DPD RI, Parlindungan Purba serta para tamu undangan. Sebelum acara lounching di mulai, kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya

Walikota Binjai, HM Idaham SH Msi dalam sambutanya mengatakan, e-goverment, merupakan program Kota Binjai untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat Kota Binjai. Disini, Pemko Binjai meluncurkan lima aplikasi online layanan masyarakat untuk mewujudkan Kota Binjai sebagai smart city (kota pintar).

Kata Idaham, Aplikasi ini lebih melibatkan masyarakat secara langsung pada sejumlah sarana pemerintahan di Kota Binjai. Kelima aplikasi tersebut antara lain, e-Masyarakat, e-Musrenbang, e-RA, e-Perizinan dan e-Dokter yang semuanya merupakan aplikasi mobile di mana warga Binjai dapat melaporkan semua permasalahan secara online

Sedangkan Staf Ahli Mendagri bidang pemerintahan, Suharjo Diantoro sangat mengapresiasi program yang dilakukan oleh Pemko Binjai.“Kalau bisa, program e-goverment ini dibuat untuk seluruh pemerintahan yang ada di Indonesia, sehingga seluruh masyarakat dengan mudah berhubungan dengan masyarakat,” ujarnya.
Sistem yang dibangun Kota Binjai sangat baik, dan wajib di contoh.

Dengan adanya pelayanan berbasis online ini, kita berharap Kota Binjai benar-benar menjadi Smart City (Kota Pintar). Dikatakannya, dalam mendukung Smart City, ada tiga yang harus dijaga dan dilakukan, pertama, kemauan Pemerintah setempat baik itu pemerintah kota, DPRD dan dukungan dari pejabat yang ada dipemerintahan.

Kedua, membangun insprastruktur yang baik, sehingga terciptanya pembangunan yang merata bagi masyarakat.“Dan yang terakhir adalah sosialisasi kepada masyarakat, masyarakat harus diberikan sosialisasi dan libatkan masyarakat masuk kedalam program ini,” ujarnya.

Sementara Gubernur Sumatera Utara, H. T. Erri Nuradi sangat mengapresiasi program yang dicanangkan oleh Pemko Binjai dengan menjadikan Binjai Smart City.

“Apa yg dilakukan Pemko Binjai dengan adanya aplikasi e-goverment lebih mempermudah masyarakat untuk menympaikan keluhahan-keluhan yang terjadi di masyarakat dan ini harus kita contoh.

Seperti e-dokter misalnya, bila masyarakat yang ingin berobat dan ingin mengatahui apakah dokter tersebut ada dilokasi atau tidak, masyarakat tak perlu repot untuk datang ke rumah sakit, cukup dengan menggunakan aplikasi e-dokter, masyarakat dapat lebih mudah mengetahui apakah dokternya ada atau tidak dan mendaftarkan untuk berobat.(Op/Mail)
Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top