yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Kecanggihan Mobil Raja Salman dan Para Pemimpin Dunia
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
News Metro Langkat.com Plat merah berkelir putih bertuliskan "Saudi Arabia" tersemat persis di bawah grill mobil sedan hitam...
News Metro Langkat.com

Plat merah berkelir putih bertuliskan "Saudi Arabia" tersemat persis di bawah grill mobil sedan hitam yang melintas dengan iring-iringan besar kendaraan roda empat di Kota Bogor, Rabu siang (1/3/2017).

Sedan hitam itu identik dengan Mercedes-Maybach S 600 Pullman Guard--Mercedes-Benz tipe S tertinggi yang membawa Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud selama kunjungannya di Indonesia.

Mercedes-Maybach S 600 Pullman Guard yang ditumpangi sang raja menjadi sorotan--selain mewah, seri mobil besutan pabrikan Jerman ini memiliki teknologi canggih dengan tingkat keamanan super tinggi.

Berdasarkan situs Mercedes-Benz, Mercedes-Maybach S 600 Pullman Guard memiliki material bodi hingga kaca punya daya tahan terhadap serangan peluru dari senapan serbu hingga ledakan.

Ini karena bagian bodi terbuat dari baja serta kaca jendela yang dilapisi polycarbonate dengan ketebalan yang sudah disesuaikan dan memiliki sertifikasi perlindungan balistik VR10. Menurut Mercedes-Benz, mobil tersebut sudah memiliki sertifikat Explosive Resistant Vehicles (ERV) 2010 atau tahan ledakan.

Selain dilengkapi fitur untuk keamanan bagi penggunanya, mobil ini juga menyuguhkan kenyamanan karena luas kabin mencapai 5.453 milimeter dan jarak antar sumbu roda 3.365 milimeter atau lebih lega dari Mercedes-Benz seri S-Class Saloon.

Mercedes-Maybach S 600 Pullman Guard menggendong mesin V12 turbocharge ganda 6.000cc. Dilengkapi transmisi otomatis 7G-TRONIC dengan kecepatan maksimal 160 km per jam yang sudah dibatasi secara elektrik. Selain itu, mobil ini juga didukung suspensi udara airmatic agar dapat bermanuver dengan lincah, serta Electronic Stability Program (ESP).

"Di samping menyuguhkan tempat duduk yang lapang di kelas teratas kenyamanan penumpang, Mercedes-Maybach Pullman tentunya sebagai bentuk mobil eksklusif di level teratas," kata Ola Källenius anggota dari Daimler AG Management dan Penanggung Jawab Penjualan dan Pemasaran Mercedes-Benz dikutip dari mercedes-benz.com.

Selain Raja Salman, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menggunakan Mercedes-Benz S600 tapi versi keluaran 1988-1999. Mobil Raja Salman adalah versi terbarunya dan seri tertinggi Mercedes-Benz  saat ini. Raja Salman maupun Presiden Jokowi hanya contoh dari sekian banyak pemimpin yang punya fasilitas kendaraan khusus dengan segala kelebihannya dibandingkan mobil konvensional yang ada di pasaran.

Mobil Para Pemimpin Dunia Kendaraan pemimpin dunia yang menjadi sorotan lainnya adalah milik presiden AS. Cadillac One “The Beast” sosok limusin kepresidenan AS ini penuh rahasia. Pemerintah AS sengaja tak pernah membeberkan secara detil spesifikasi dari kendaraan orang nomor satu di AS tersebut.

Ini tentu wajar, karena mobil bagi seorang presiden sekelas presiden AS akan menjadi tameng terakhir dari serangan musuh, di dalam maupun saat bertugas ke luar negeri. Berdasarkan laporanAutoweek, pemerintah AS membuat selusin The Beast dengan harga lebih dari satu juta dolar AS per unitnya.

Meskipun memiliki beberapa kemiripan dengan Cadillac, limusin kepresidenan secara keseluruhan berbeda dengan yang diproduksi pabrikannya. Setelah mobil itu dibeli langsung dari produsen, mobil tersebut masih harus dimodifikasi oleh Secret Service bersama pabrikan rahasia.

"Mobil ini bisa saja dikatakan Cadillac, tapi hanya sedikit yang masih Cadillac," kata salah satu agen di Secret Service kepada Autoweek.

Presiden Rusia, Vladimir Putin juga memiliki kendaraan dengan tingkat pengamanan tinggi. Ia juga menggunakan mobil keluaran Jerman Mercedes-Benz. Mobil tunggangan Putin berlapis baja yang merupakan fitur wajib bagi kendaraan presiden. Mobil yang ditunggangi Putin masih bisa menempuh jarak sekitar 30 km saat ban dalam kondisi tertusuk benda tajam.

Pemimpin umat Katolik dunia Pope Francis juga menggunakan mobil Mercedes-Benz namun tipe M-Class berlapis baja. Sementara itu, Benigno Aquino III saat menjabat sebagai presiden Filipina juga menggunakan Mercedes-Benz W221 yang dilengkapi fitur antipeluru dan lapis baja.

Sedangkan Ratu Elizabeth memilih Bentley, yang didesain dengan pintu yang terbuka 90 derajat sehingga sang ratu bisa keluar dari kendaraan tanpa harus bermanuver terlalu banyak.

Saat produsen kendaraan yang punya produk terpilih sebagai kendaraan para pemimpin dunia, tentunya membuat citra merek mereka makin berkibar. Bagi pemimpin seperti Raja Salman dan pemimpin dunia lainnya, mobil-mobil khusus ini membuat nyaman dan keyakinan terhadap keamanan--dengan segala kecanggihan teknologi sistem keamanan pada sebuah mobil.(tirto)
Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top