yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Kadiskes ATAM Apresiasi DPR RI dan Balai POM Banda Aceh.
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Kadiskes dr M Nur Fajri M Kes Kualasimpang - Metro Tamiang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang (ATam) dr. M. Nur Fajri, M.Kes...
Kadiskes dr M Nur Fajri M Kes

Kualasimpang - Metro Tamiang

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang (ATam) dr. M. Nur Fajri, M.Kes mengatakan, bahwa pangan, Obat, Kosmetika dan Obat Tradisional adalah Produk Komplemen yang merupakan unsur yang terpenting dalam bidang kesehatan.

Hal tersebut diungkapnya saat acara Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE), bersama Tokoh Masyarakat Aceh T. Khaidir Abdurrahman, S.IP Anggota DPRI dari Komisi IX yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (POM) Banda Aceh dengan Tema "Peduli Obat, Obat Tradisional, Kosmetika dan Pangan Aman" Minggu (26/03/2017), di Tribun Kompleks Perkantoran Setdakab. Aceh Tamiang belakang Kantor Bupati-Karang Baru.

Menurut dr. M. Nur Fajri, M.Kes,hampir semua aktivitas yang berkaitan dengan Kesehatan akan melibatkan unsur ini, baik dalam rangka pengobatan, pemeliharaan kesehatan hingga dalam rangka peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Namun manfaat dari penggunaan produk ini hanya berdampak  apabila persyaratan kualitas maupun kuantitas dari komoditi tersebut terpenuhi.

Segala dampak negatif yang dirasakan se-seorang ketika terpapar produk - produk ini hampir seluruhnya disebabkan karena penggunaan obat dan kosmetik itu melanggar persyaratan kualitas dan kuantitas," ucapnya.

Dr. M. Nur Fajri, M.Kes juga menjelaskan, Pada zaman sekarang dimana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi begitu pesat, kini telah menghasilkan bermacam variasi bentuk dan jenis dari produk farmasi. Kalau dahulu anak - anak kita harus kita paksa makan obat yang rasanya pahit, namun kini telah beredar bermacam sediaan obat yang manis rasanya dengan berbagai macam bentuk sediaan, sehingga anak - anak kita tidak perlu lagi trauma saat harus memakan obat.

Disamping itu teknologi transportasi dan komunikasi serta semakin banyaknya sarana maupun prasarana umum telah memberi efek pada meluasnya distribusi produk farmasi. Saat ini Produk yang berasal dari satu benua akan dapat ditemukan dibenua lain, bahkan distribusi tersebut telah menjangkau hingga ke pelosok desa dan dusun," ucapnya lagi.

dr. M. Nur Fajri, M.Kes, melanjutkan lagi, dari satu sudut pandang, hal ini dapat membantu peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan beredarnya Produk Farmasi yang berkualitas dan bermutu. Namun dari sudut pandang yang lain, persolan yang timbul akan menjadi kompleks mengingat akan banyak unsur yang terlibat dalam mengambil manfaat perkembangan ini.

Beredarnya produk palsu dan tidak memenuhi standar persyaratan, serta penyalahgunaan obat adalah sebahagian kecil dari ekses negatif perkembangan bidang produk farmasi.

Selain itu kita merasa sedih jika melihat dan mendengar terjadinya kasus - kasus keracunan akibat mengkonsumsi pangan yang tidak aman yang menimpa masyarakat kita. Coba perhatikan jajanan yang dinikmati anak - anak kita di sekolah, apakah kita sudah dapat menjamin bahwa semua jajanan itu  aman dan bergizi  bagi mereka, dan apakah sudah rasional ?, imbuhnya.

Pengetahuan terkait keamanan, manfaat dan mutu sediaan farmasi dan pangan mutlak diperlukan. Memandang hal tersebut, maka saya meng-apresiasi dan sangat menghargai upaya anggota Komisi IX DPR RI H.T. Khaidir Abdurrahaman, S.IP, yang bermitra dengan Balai Besar POM Banda Aceh melaksanakan program ini.

Dengan cerdasnya masyarakat akan meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian akan potensi bahaya yang kemungkinan dikandung oleh produk farmasi dan pangan. Pada akhirnya jika pengawasan produksi farmasi dan pangan bisa berjalan dengan secara efektif ditambah dengan masyarakat yang semakin melek akan keamananya, maka resiko akibat penggunaan produksi farmasi yang tidak sesuai dengan aturan fungsionalnya, akan semakin kecil.

Dan pada akhirnya sesuai harapan kita untuk meningkatkan kualitas hidup rakyat secara lahir dan batin kepada generasi penerus perjuangan bangsa yang cerdas, sehat serta kuat, akan terwujud. Jadi, saya memandang penyelengaraan acara ini menunjukkan kepedulian bapak H.T Khaidir Abdurrahman sebagai salah seorang Putra Terbaik Masyarakat Aceh yang duduk di Komisi menangani Bidang Kesehatan dan Ketenaga Kerjaan di DPR RI.

Untuk itu,mari kita dukung dan do'akan beliau beserta wakil rakyat lainnya yang berada di Komisi yang sama, tetap dilimpahkan rahmat, kesehatan dan kesejahteraan oleh ALLAH S.W.T, sehingga beliau dapat menghasilkan regulasi - regulasi yang sangat kita butuhkan dalam mewujudkan masyarakat yang sehat lahir dan batin.

Begitu juga mari kita do'akan semoga bapak dan ibu dari Badan POM Banda Aceh yang kita percayakan mengawasi sediaan farmasi dan pangan khususnya di Provinsi Aceh tetap mampu menjalankan tugasnya dengan baik demi terwujudnya masa depan anak - anak yang sangat kita cintai yang lebih baik. “ Ujar dr M Nur Fajri. (Rotuah).
Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top