yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Diskusi Forum SKPK Dalam Tahapan Pelaksanaan RPJP Aceh Tamiang 2017
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Forum SKPK saat mengelar pertemuan.(Ist) Kualasimpang - News Metro Langkat.com Dalam buku panduan acara forum SKPK didalamnya...

Forum SKPK saat mengelar pertemuan.(Ist)


Kualasimpang - News Metro Langkat.com

Dalam buku panduan acara forum SKPK didalamnya termaktub maksud dan tujuan guna terwujudnya Kesejahteraan masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang Lahir dan Batin berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan menjalankan Syariat Islam secara Kaffah, adalah salah satu tahapan RPJP Aceh Tamiang tahun 2005 s.d 2025.

Pada acara forum SKPK tersebut yang didiskusikan arah kebijakan yang akan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang antara lain adalah, tentang Aceh Tamiang sejahtera dan madani melalui peningkatan prasarana dan sarana transportasi, peningkatan pertumbuhan ekonomi kerakyatan menuju masyarakat sejahter, terwujudnya kemandirian ekonomi masyarakat dan pembangunan, melalui viai terwujudnya kesejahteraan dan masyarakat madani yang menerapkan nilai - nilai luhur Dinul Islam.

Merujuk kepada RPJP Kabupaten Aceh Tamiang Priode 2005 s.d 2025, pada tahap III, maka dikatakan tema RKPK tahun 2018 adalah, "Penguatan ekonomi kerakyatan dan optimalisasi pelayanan publik serta pantapan infrastruktur dalam mewujudkan Aceh Tamiang yang sejahtera dan madani.

Adapun tujuan pelaksanaan forum SKPK tahun 2018 antara lain adalah, mensinkronkan kegiatan prioritas pembangunan yang berasal dari kecamatan dengan rancangan awal renja SKPK.

Kemudian, guna menetapkan prioritas renja SKPK berdasarkan hasil sinkronisasi antara prioritas kegiatan pembangunan yang berasal dari kecamatan dengan rancangan awal tenja SKPK.

selanjutnya, untuk mendapatkan rincian rancangan awal renja SKPK khususnya yang berhubungan dengan pembangunan dari hasil diskusi forum SKPK, juga untuk mendapatkan rincian rancangan awal kerangka regulasi menurut SKPK yang berhubungan dengan pembangunan dari hasil diskusi forum SKPK.

Seteruanya juga untuk mendapatkan masukan guna penyempurnaan rancangan awal RKPK yang memuat prioritas pembangunan daerah, pagu indikatif pendanaan berdasarkan fungsi SKPK temasuk informasi mengenai kwgiatan yang pendanaannya berasal dari APBA, APBN dan sumber pendanaan lainnya.

Juga disebutkan tentang cakupan pelayanan antara lain, penyelarasan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi SKPK berdasarkan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang Kecamatan. Kemudian, untuk penajaman indikator dan target kinerja program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi SKPK.

Selanjutnya, untuk penyelarasan program dan kegiatan antar SKPK dalam rangka sinergi pelaksanaan dan optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan tugas dan fungsi masing - masing SKPK, dan dalam rangka penyesuaian pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing - masing edaran kepala daerah.

Gambaran umum kondisi Kabupayen Aceh Tamiang, dengan angka dibulatkan jumlah penduduk (jiwa) sebesar 278. 324, antara lain jenis laki - laki 140. 307 jiwa, dan perempuan 138. 017 jiwa. Sementara itu untuk laju pertumbuhan adalah 2,24 %.

Adapun jumlah persebaran penduduk menurut Kecamatan pada tahun 2016 untuk Kecamatan Tamiang Hulu jumlah penduduk (jiwa) sebanyak 19. 100 sebaran penduduk (%) 8,6,  Kecamatan Bamdar Pusaka 12, 663 sebaran penduduk (%) 4,5, Kecamatan Kejuruan Muda 35,312 sebaran penduduk (%) 12,69, Kecamatan Tenggulun 17,763 sebaran penduduk (%) 6,38, Kecamatan Rantau 36,490 sebaran penduduk (%) 13,11.

, Kecamatan Kota Kualasimpang 20,075 sebaran penduduk (%) 7,21, Kecamatan Seruway 26,217 sebaran penduduk (%) 9,14, Kecamatan Bendahara 20,463 sebaran penduduk (%) 7,35, Kecamatan Banda Mulia 11,663 sebaran penduduk (%) 4,19, Kecamatan Karang Baru 40,110 sebaran penduduk (%) 14,41, Kecamatan Sekerak 6,630 sebaran penduduk (%) 2,38, dan Kecamatan Manyak Payed 31,838 sebaran penduduk (%) 11,44. Total jumlah penduduk Kabupaten Aceh Tamiang (jiwa) adalah 278.324 dan jumlah sebaran penduduk (%) 100,00. (Rotuah)

Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top