yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Truck Galian C Berkeliaran Merusak Jalan Saja Tak Bisa Ditertibkan, Tapi Langkat Terima WTN, Hebat
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Biar warganya menjerit karena jalanya kopak kapik,tapi Kab Langkat terima WTN juga. Stabat- News Metro Langkat Bupati Langkat H Ngogesa ...
Biar warganya menjerit karena jalanya kopak kapik,tapi Kab Langkat terima WTN juga.



Stabat- News Metro Langkat

Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH tampak bahagia seraya menebar senyum saat menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) kategori Lalu Lintas tahun 2016 yang diberikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI di Jakarta, Selasa (31/1).

Perasaan yang sama kurang lebih juga dirasakan oleh pejabat Langkat lainnya yang ikut hadir dalam acara tersebut, seperti Kapolres Langkat AKBP Mulya Hakim Solichin SIK, M.Si, Inspektur Amril dan Staf Ahli Bupati Langkat Bidang Ekonomi dan Keuangan Edi Dharma Tarigan serta Kadishub Langkat Aldres Syam S.

Atas keberhasilan tersebut, Ngogesa mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Langkat beserta jajarannya yang telah membantu dalam menata dan menertibkan lalu lintas di Langkat.

Sayangnya, suasana riang di Jakarta tersebut, berbalik arah dengan situasi di Stabat. Dalam beberapa hari belakangan ini banyak warga Langkat yang melakukan aksi demo di kantor DPRD Langkat, Pemkab Langkat, seraya membawa spanduk dan poster yang berisikan tuntutan agarjalan yang rusak parah akibat dilantak truck Galian C, segera diperbaiki.

Terakhir ratusan warga tersebut melakukan dermo di kantor DPRD Langkat, Selasa (30/01). Untuk kesekian kalinya mereka menuntut agar Pemkab Langkat jangan pura-pura bengong dengan terjadinya kerusakan jalan. Sudah jelas, penyebab luluh lantaknya jalan di Langkat ini adalah akibat berkeliarannya truck Galian C dengan muatan yang melebihi tonase. “Ini semua karena Pemkab Langkat dan DPRD Langkat yang tidak tegas dan terjadilah pembiaran yang berkepanjangan,” akata Bayu Mas April.

Menurut Bayu April, jalan yang hancur-hancuran sekarang ini bukan hanya di Kecamatan Wampu saja, tapi sudah menular kemana-kemana seperti Bahorok, Pematang Jaya, Gebang, Secanggang, PadangTualang, dan beberapa ruas jalan lainnya gara-gara ulah si truck galian C liar, sudah itu melebihi tonase pula.

Mereka bertanya pada anggota DPRD yang menrima massa demo tersebut di  kantornya, kapan lagi soal penertiban galian C ini dilakukan. Mereka mendesak anggota DPRD supaya melakukan berbagai upaya agar perkara ini tidak berkepanjanmgan dan berbelit-belit tak tentu arah. Mereka berharap agar jangan lama-lama lagi untuk bertindak. Sekarang ini jalan berlumpur kalau turun.

Syafril Jambak SH, mantan Anggota DPRD Langkat, bingung dan heran bagaimana ceritanya Pemkab Langkat ini bisa meraih WTN. “Aneh bin ajaib ini, jangan-jangan tim survey datang ke Langkat cuma mutar-mutar di jalan sekitar kantor Bupati Langkat dan di sekitar Stabat saja. Sebab kalau mereka mau berpeluh-peluh melakukan survey di banyak titik jalan lainnya, mustahil WTN bisa diraih Langkat,” kata Syafirl Jambak kepada Metro Langkat.

Dia menambahkan, apanya lagi yang mau dibanggakan keadaan tertib lalu lijntas di Langkat ini. Dinas Peruhubungan hanya tegas kepada kendaraan pick up dan kelas teri ;lainnya yang sedang mengangkut sayur mayur atau barang pindahan. “Begitu melihat ada truck galian C melebihi tonase,” langsung ngumpat tuh, ujar Syfaril lagi.

Atas adanya pemberian penghargaan itu, Syafril melalui LSM Panujara Sumut yanjg dipimpinnya akan segera melayangkan surat ke Menteri Perhubungan di Jakarta. Isinya memuji sikap tim survey yang telah berbaik hati memilih Langkat sebagai penerimka penghargaan WTN. Namun berikutnya Syafril akan mengkritik atas dasar apa Menhub menetapkan Langkat dapat WTN.

Dalam kaitan ini Syafril akan mengungkap habis masalah bobroknya masalah penertiban lalu-lintas di Langkat, khususnya soal ulah truck Galian C yang telah banyak menghancurkan jalan di Langkat. Menurut Syafril, sesuai dengan persyartan yang ada sangat tidak mudah untuk mendapatkan penghargaan WTN.

Sebagaimana yang sudah diatur, penghargaan Wahana Tata Nugraha adalah penghargaan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik. Dikutip dari wikipedia, penghargaan itu diberikan setiap tahun, biasanya pada bulan April. Penilaian dilakukan atas kategori kota metropolitan, kota besar, kota sedang, dan kota kecil.

Aspek penataan transportasi yang berkelanjutan, dan berbasis kepentingan publik dan ramah lingkungan mendapat pertimbangan terbesar dalam penilaiannya. Penghargaan Wahana Tata Nugraha adalah kegiatan pemberian penghargaan atas kemampuan daerah dan peran serta masyarakatnya dalam meningkatkan kinerja penyelenggaraan dan kinerja operasional sistem transportasi perkotaan, yang diikuti oleh seluruh kota di Indonesia.

“Nah, berkaca dari ketentuan ini apakah Langkat layak dapat WTN. Truck galian C tidak hanya menghancurkan kepentingan publik seperti jalan, tapi juga tel;ah merusak lingkungan, dimana debu beterbangan ke mana-mana hingga menmbuat banyak warga yang sesak nafas dibuatnya, ujar Syafril Jambak dengan nada geram. (hab)


Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top