yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: TMP Pangkalan Susu Tak Terawat : Camat Bilang Tak Ada Angaran, Kakan Sosial Bilang Dananya Rp.10 Juta Dikelola Camat
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
P.SUSU – News Metro Langkat Ketiadaan anggaran perawatan, taman makam pahlawan (TMP) disebut-se...

P.SUSU – News Metro Langkat

Ketiadaan anggaran perawatan, taman makam pahlawan (TMP) disebut-sebut tempat peristirahatan terakhir para pejuang terdahulu, kini terbengkelai tidak terurus.

"Anggaran dana untuk kebersihan makam, tidak ada. Sementara, untuk biaya perawatan dari swadaya masyarakat," kata camat Pangkalan Susu, T.Fahrizal Azmi, S.Sos ketika dikonfirmasi kru koran ini, Jum'at (27/1) sekira pukul 14:30Wib.

‎Dijelaskannya, ia sangat ingin menciptakan suasana makam yang terawat dan bersih dari sampah, maupun rumput liar hidup di areal TMP tersebut.
Makam Pahlawan yang tak terurus.(Ilustrasi)

Lanjut ia, kendati demikian pembersihan area TMP tentunya memerlukan biaya, baik perawatan dan kebersihannya.

Terpisah, salah seorang warga Desa Seisiur, Kec Pangkalan Susu, Kab Langkat mengatakan, kini makam pahlawan dijadikan tempat hewan ternak, baik kambing maupun lembu mencari makan.

Mirisnya lagi, selain kotoran ternak, pemilik ternak kerab mengikat talinya ditiang "bendera" ‎tempat peristirahatan para pejuang tersebut.

"Kalangan organisasi masyarakat (Ormas) kepemudaan andil membersihkannya, baik dalam rangka kemerdekaan dan jumat bersih atau pun lainnya," kata masyarakat ‎disekitar yang enggan disebut jatidirinya kepada kru koran ini.

Dia berharap adanya perhatian Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Langkat, untuk sosialisasikan anggaran kebersihan TMP di APBD Kabupaten Langkat.

Ia menegaskan, ketiadaan anggaran keperluan perawatan TMP, seperti bahan bakar minyak (BBM)‎ mesin rumput dan racun menggunakan, semuanya pasti menggunakan uang kontan.

"Jika ada anggarannya maka kondisi makam tentunya akan lebih bersih dan terlihat terurus tidak seperti sebelum-belumnya," ujarnya.

Ditempat terpisah, kepala Kantor Sosial Kabupaten Langkat, Rina Wahyuni Marpaung S.STP.M.AP dikonfirmasi perihal anggaran untuk perawatan TMP di Kabupaten Langkat, khususnya di Pangkalan Susu, mengatakan, anggaran dananya sudah masuk di APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) Kabupaten Langkat.

Lanjut ia, adapun anggaran untuk perawatan TMP di masing-masing di Kab Langkat, diantaranya di Kec Pangkalan Susu, sebesar Rp10 juta dan di TMP Kec Babalan Rp16 juta.

"Masing-masing untuk perawatan TMP sudah terdapat di APBD dan disalurkan ke camat. Sementara, untuk perawatan TMP di Pangkalan Brandan dikelola oleh pihak TAGANA, Kec Babalan, sementara TMP di Kecamatan Pangkalan Susu, dikelola langsung oleh camat," ungkap Rina Wahyuni Marpaung, ketika ditemui kru koran ini diruang kerjanya, Jum'at (27/1). (jp)

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top