yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Ringankan Beban Korban Gempa Pidie : Tim Medis RSU Bidadari Dirikan Tiga Posko Pengobatan
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Laporan : Agusma H Wartawan Metro Langkat Dari Pidie Jaya H.M Nur Abu Bakar Owner RSU Bidadari bersama Mayjen Tahmrin di Posko ...




Laporan : Agusma H Wartawan Metro Langkat Dari Pidie Jaya


H.M Nur Abu Bakar Owner RSU Bidadari bersama Mayjen Tahmrin di Posko



Gempa yang mengguncang kabupaten Pidie Jaya, Aceh yang berkekuatan 6,5 Skala Richter menyebabkan korban jiwa dan kerugian harta benda menghancurkan sejumlah infrastruktur, pertokoan, perumahan warga, fasilitas umum seperti Mesjid dan Munaqasah serta bangunan lainnya.

RSU Putri Bidadari bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Pemkab Langkat membuka tiga Posko Kesehatan di tiga titik lokasi para pengungsi yang terdiri dari Gampong Menasahbie Kecamatan Meurah Dua, Gampong Rhing/ Blang dan Gampong Mesjid Tuha yang keduanya terdapat di Kecamatan Meureudu.

Para pengungsi langsung menyerbu ke posko kesehatan RSU Putri Bidadari yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Pemkab Langkat untuk mendapatkan layanan kesehatan secara gratis dan setelah berobat, para pasien mendapatkan satu paket makanan.
H.M Nur Abu Bakar Owner RSU Bidadari membaur bersama korban gempa di Posko

Di Posko Kesehatan RSU Putri Bidadari  selain mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis juga langsung diberikan obat yang dibutuhkan.

Posko pertama di Gampong Meunasahbie Kecamatan Meurah Dua
Pagi sekali, pimpinan RSU Putri Bidadari beserta rombongan diterima oleh Wakil Bupati Pidie Jaya H.Said Mulyadi di ruang kerjanya.

Wakil Bupati mengucapkan terima kasih kepada RSU Putri Bidadari dan Dinas Kesehatan yang telah memberikan dukungan bantuannya terhadap bencana ini dan titip salam kepada Bapak Bupati Langkat, H.Ngogesa Sitepu, SH dan Kadis Kesehatan Langkat.

Pagi itu juga berbagai persiapanpun dilakukan menyambut kedatangan presiden Joko Widodo. Salah satu kunjungan Presiden Joko Widodo mengunjungi para pengungsi di kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam pada Jum’at (8/12)
Tim Medis Bidadari  bagikan kain sarung kepada pengungsi


.Presiden tiba dilokasi Posko Kemanusiaan Mesjid Al Munawarah kecamatan Meurah Dua kabupaten Pidie Jaya sekitar pukul 11.30 WIB yang berhadapan langsung di depan Posko Kesehatan RSU Putri Bidadari. Presiden Joko Widodo langsung memberikan bantuan kepada para pengungsi di Posko tersebut dan menyapa para pengungsi yang berada di lokasi tersebut.

Para pengungsi juga cukup terhibur dengan kedatangan Joko Widodo yang telah bertemu langsung dengan para pengungsi di masjid Al Munawarah. Sebelum kedatangan Presiden, tim psikiater anak dari Polwan menghibur anak-anak para pengungsi yang berinteraksi secara langsung dengan menyanyikan lagu cicak-cicak di dinding, balonku, “Aisyah udah sekolah?, umurnya berapa?”, tanya Yossi selaku polwan kepada seorang anak korban gempa.
Aktifitas di Posko RSU Bidadari


Di posko pertama ini, banyak para pengungsi yang menyerbu untuk memeriksa kesehatannya. Tampak juga TNI mengunjungi posko kesehatan RSU Putri Bidadari yang pertama. Hadir pula Mayjen Thamrin bersama rekan-rekan dan disambut oleh HM. Nur Abu Bakar selaku owner RSU Putri Bidadari.

Malam harinya sekitar pukul 21.30 WIB, tim medis RSU Putri Bidadari membagikan selimut kepada para pengungsi yang masih bertahan di Mesjid Al Munawarah yang terletak berhadapan didepan Posko Kesehatan RSU Putri Bidadari yang pertama.

Posko kedua di Gampong Mesjid Tuha Kecamatan Meuredu
Posko Kesehatan kedua di gampong Mesjid Tuha, menurut keterangan Junaidi selaku Geuchik/ Kepala Gampong bahwa terdapat satu orang ibu meninggal dunia yang meninggalkan dua orang anak, jelasnya.
Tim medis dari RSU Bidadari selalu siap melayaninwarga korban gempa di Posko

Selain itu, satu orang guru pengajian di Pesantren Al Hijrah yang masih lajang mengalami luka berat yang diakibatkan tertimpa reruntuhan ruko dua lantai sehingga sang guru kini masih dirawat disebuah Rumah Sakit di Bireun, jelasnya lagi.

Korban lainnya yang mengalami luka ringan sebanyak 30 orang yang terdiri dari anak-anak dan dewasa serta lansia yang keseluruhannya di obati di Posko kesehatan kedua yang dibuka oleh RSU Putri Bidadari.

Pada mulanya, pengungsi berjumlah 560 orang, dan terus bertambah sampai 602 kepala keluarga yang berjumlah 1700 orang dan kini ada sebagian yang sudah kembali kerumahnya masing-masing, jelas Geuchik Gampong Mesjid Tuha.

Ketika gempa, listrik padam, ujar Geuchik, ketika suasana sudah kondusif para pengungsi akan di suruh pulang, jelasnya. Hal senada juga di sampaikan dalam khutbah sholat Jum’at yang di sampaikan di Posko Mesjid Al Munawarah menghimbau untuk kembali kerumah masing-masing.
Presiden Jokowi saat menyambangi korban gempa Pidie

Kerugian dari segi infrastruktur, Geuchik menyampaikan bahwa 6 toko 2 tingkat hancur, 6 unit rumah warga, rata dengan tanah dan selebihnya hampir merata mengalami keretakan di gampong Mesjid Tuha.

Presiden Joko Widodo tidak sempat mengunjungi Posko Pengungsi di gampongnya, padahal tempat pengungsian dan posko pertama disini dan terbanyak, kesalnya.

Bantuanpun mengalir dari LSM, rekan-rekan Pers, Perusahaan Swasta, Partai Lokal dan Nasional, swadaya masyarakat dan pelajar SMP Sawang, Aceh Utara langsung mendatangi posko dan menyalurkan bantuan, hal inilah membuat warga terharu dengan seumuran mereka yang masih SMP, Ujar Geuchik.

Untuk kendala, geuchik menyampaikan bahwa stok beras cukup untuk hari ini, lauk pauk menipis, yang ada hanya indomie, serta air mineral juga begitu, jelasnya. Namun Indofood, Rumah Zakat dan Telkom telah mendirikan dapur umum.

Posko ketiga berada di gampong rhing blang, Kecamatan Meuredu
Di posko ketiga, tim medis dari RSU Bidadari dan Dinas Kesehatan Pemkab Langkat melayani kesehatan bagi para pengungsi yang berobat dan langsung diberikan obat tanpa resep serta satu paket makanan.

Dihalaman Posko ketiga juga tampak tim relawan dari tim psikologi yang menghibur anak-anak korban gempa di salah satu tenda. Di posko ketiga ini terlihat rapi dan teratur(gus)



About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top