yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: PemKab Aceh Tamiang Laksanakan Pelatihan Aparatur Desa Bidang Manejemen PemDes
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Kegiatan Pemerintah Atam Karang Baru - News Metro Langkat Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang laksanakan Kegiatan Pelatihan Apara...



Kegiatan Pemerintah Atam


Karang Baru - News Metro Langkat



Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang laksanakan Kegiatan Pelatihan Aparatur Pemerintahan Desa (PemDes) Bidang Manejemen Pemerintahan Desa, bertempat di ruang Aula Pertemuan Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tamiang, Kompleks Perkantoran Bupati Aceh Tamiang, Karang Baru, Rabu (14/12).

Registerasi Peserta pada pukul 08.30 wib s.d 09.00 wib, oleh panitia pelaksana. Pada pukul 09.00 wib s.d 09.30 wib, acara pelatihan baru dimulai dan dibuka oleh Ketua panitia penyelenggara Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kabupaten Aceh Tamiang, Drs. Tri Kurnia.

Drs. Tri Kurnia, Mengucapkan selamat datang kepada seluruh Datok Penghulu Kampung sebanyak 108 (seratus delapan) orang, yang terdiri dari Empat Kecamatan diantaranya dari, Kecamatan Karang Baru, Kecamatan Bendahara, Kecamatan Banda Mulia dan Kecamatan Seruway, yang telah hadir memenuhi undangan untuk Pelatihan Aparatur Pemerintahan Desa Bidang Manejemen Pemerintahan Desa, yang didampingi oleh para Tutor handal dari Biro Pemerintahan Provinsi Aceh, diantaranya, dari Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Provinsi Aceh, Drs. Mohammad Irfan, M.Si, dan dari Biro Tata Pemerintahan Setda. Provinsi Aceh, Janiswar, S.Sos, M.Si.

Drs. Tri Kurnia,"Dengan dilaksanakannya Pelatihan Aparatur Pemerintahan Desa Bidang Manajemen Pemerintahan Desa, maka diharapkan kepada seluruh Datok Penghulu Kampung yang hadir menjadi peserta Pelatihan pada hari ini, dapat menambah  ilmu dan wawasan, Khususnya dibidang Manajemen Pemerintahan Desa," Ujarnya.

Dalam pembukaan acara Pelatihan tersebut, Drs. Tri Kurnia menyarankan kepada seluruh Datok Penghulu Kampung yang hadir agar benar - benar dapat menyerap ilmu Manajemen Bidang Pemerintahan yang disampaikan oleh para Tutor. Oleh sebab itu kepada masing - masing Datok Penghulu Kampung kedepannya tidak ragu - ragu lagi dalam melaksanakan tentang kebijakan Pemerintahan Kampung atau Desa, guna mempercepat tercapainya kesejahteraan masyarakat, Tandasnya.

Pukul 09.30 wib, Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Provinsi Aceh, Drs. Mohammad Irfan, M.Si, selaku Tutor dalam acara Pelatihan  Aparatur Pemerintahan Desa Bidang Manajemen Pemerintahan Desa tersebut rmenyampaikan makalah tentang Evaluasi Perkembangan Desa.

Drs. Mohammad Irfan, M.Si,"Struktur Kelembagaan Pemerintahan Gampong (Desa -red), sesuai dengan Permendagri Nomor : 84 tahun 2015 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa telah jelas. Kepala Desa, kemudian Sekretariat Desa dan ada Kepala Urusan. Sementara itu dibawah komando Kepala Desa, ada Kepala Pelaksana Wilayah atau yang disebut Kepala Dusun, serta tertera juga bagan tentang masing - masing Kepala Seksi,”terangnya.

Lanjutnya lagi," Tentang Keuangan atau Pembiayaan Kampung / Desa, Pendapatan Desa bersumber, antara lain dari Pendapatan Asli Desa yang terdiri dari hasil usaha, hasil Aset Desa, Swadaya, Partisipasi, Gotong-Royong dan lain - lain. Kemudian, Alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Bagian dari hasil Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Kabupaten / Kota.

Alokasi Dana Desa yang Merupakan Bagian dari Dana Perimbangan yang diterima Kabupaten / Kota. Juga Bantuan Keuangan dari dana APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten / Kota. Selanjutnya dari Hibah dan Sumbangan yang tidak mengikat dari pihak ketiga, serta lain - lain Pendapatan Desa yang sah,”Ungkapnya.

    Selanjutnya Dia juga menyampaikan tentang Siklus dan Jadwal Penyusunan RPJM Desa dan RKP Desa. RPJM Desa dan RKP Desa, dilaksanakan mulai bulan juni tahun sebelumnya. Siklus Perencanaan dimulai dengan Penyusunan RPJM Desa dan RKP Desa.

Sementara itu, tentang Kegiatan pembuatan RPJM Desa dilakukan sebelum bulan oktober. Pada bulan Oktober sampai dengan bulan Desember, mengembamgkan RPJM Desa dan RKP Desa menjadi Dokumen Anggaran Pendapatan Belanja (APB) Desa. Sementara itu Anggaran Pendapatan (AP) Desa, dimulai dari bulan januari hingga bulan Desember.

Selanjutnya tentang pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB) Desa, dilaksanakan pada setiap semester yaitu pada bulan juli dan januari, jelasnya.
Pada pukul 11.15 wib s.d 12.00 wib dan dilanjutkan pada pukul 13.30 wib s.d 15.00 wib, oleh Biro Tata Pemerintahan Setda. Provinsi Aceh, Janiswar, S.Sos menyampaikan makalah tentang Hak dan Kewajiban Kampung atau Desa.

Janiswar, S.Sos,"Kampung berhak mengatur dan Mengurus kepentingan Masyarakat berdasarkan Hak Asal Usul, Adat Istiadat dan Sosial Budaya. Kampung juga berhak menetapkan dan Mengelola Kelembagaan Kampung, dan juga berhak mendapatkan Sumber Pendapatan," terangnya.

Lanjut Janiswar, S.Sos, Sementara itu, Kampung atau Desa berkewajiban untuk melindungi dan Menjaga Persatuan, Kesatuan, serta Kerukunan Masyarakat Kampung atau Desa. Selain itu juga berkewajiban untuk Meningkatkan Kwalitas Kehidupan Masyarakat Kampung, Mengembangkan Kehidupan Demokrasi, Mengembangkan Pemberdayaan Masyarakat, serta berkewajiban untuk Memberikan dan Meningkatkan Pelayanan kepada Masyarakat Kampung,”tegasnya.

Janiswar, S.sos juga memaparkan tentang Hak dan Kewajiban Masyarakat Kampung atau Desa. Masyarakat Kampung berhak meminta dan mendapatkan Informasi, Mengawasi Kegiatan Pemerintahan Kampung, Pembangunan Kampung, Pemberdayaan Masyarakat Kampung, memperoleh Pelayanan, Menyampaikan Aspirasi, Saran dan Pendapat, serta Memilih dan dipilih menjadi Datok Penghulu,  Perangkat Kampung dan Lembaga Kemasyarakatan.

Mengenai Kewajiban Masyarakat Kampung atau Desa, Janiswar menerangkan, Masyarakat Kampung atau Desa Berkewajiban untuk Membangun Diri dan Lingkungannya. Mendorong terciptanya Kegiatan Pemerintahan Kampung / Desa, Pembangunan Masyarakat yang baik.

Masyarakat Kampung juga berkewajiban mendorong terciptanya situasi aman, nyaman, tenteram, juga berkewajiban untuk memelihara nilai Permusyawaratan, Permufakatan, Kekeluargaan dan Gotong-Royong serta berkewajiban untuk Berpartisipasi dalam berbagai kegiatan di Kampung atau Desa,”tandasnya. (Rotuah)
Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top