yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Mak Aisyah Lima Tahun “ Kehilangan” Mulut
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Mak Aisyah Bukit Lawang - News Metro Langkat Tolong saya, nak. Sudah 5 tahun begini" kata...
Mak Aisyah


Bukit Lawang - News Metro Langkat

Tolong saya, nak. Sudah 5 tahun begini" kata Mak Aisyah sambil menunjukkan mulutnya yg sdh tidak berbentuk lagi.

Sejatinya Siti Aisyah, 57 tahun warga Bukit Lawang Kabupaten Langkat Sumatera Utara harus menjalani hidup selama lebih kurang lima tahun dalam kondisi mulut yang tak berbentuk lagi.


Awalnya empat tahun silam tanpa sengaja tertusuk duri ikan asin ketika makan, lama kelamaan timbul infeksi di mulutnya dan berbekal kartu BPJS ditemani suaminya Maha alias Wak Temu dirujuk ke RS Adam Malik Medan.


Seiring berjalannya waktu kondisi mulut si ibu bukannya semakin membaik bahkan terakhir dari kelima kali pengobatan di rumah sakit yang sama telah dilakukan operasi pengangkatan tumor.


Hasilnya kondisi mulut si ibu semakin memburuk bahkan untuk makan saja harus dengan nasi yang sudah dilembekan dan dimasukan langsung tenggorokannya karena organ yang ada dimulutnya tidak dapat difungsikan lagi.


Derita ibu Aisyah, kiranya juga tidak seberuntung dengan kehidupannya yang hidup dalam kondisi yang sangat memperhatikan dimana hanya hidup berdua saja digubuk yang rewot bersama suaminya.

Menjalani kehidupan dalam kondisi serba kerterbatasan dan hanya menggantungkan hidup dari hasil mengumpulkan botol -botol bekas minuman mineral dan sesekali ada wisatawan yang mau menyewa gubuk sederhana miliknya dipinggiran  sungai bahorok tidak membuat pasangan suami istri itu pasrah menerima keadaan.

Bahkan dengan keterbatasan yang dimilikinya Aisyah dengan tubuh kurusnya terus melangkah diantara bebatuan pingiran sungai bahorok mengkais sisa botol-botol mineral untuk dikumpulkan dan dijual kembali kepada penampung barang-barang bekas.

Kepada wartawan, dirinya berharap kiranya ada pembaca yang berbaik hati untuk meringankan deritanya, ungkap Mak Aisyah. ( rki )

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top