yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Ketua Komisi D DPRD Langkat Terlibat Bisnis Galian C Ilegal
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Stabat-News Metro Langkat Pasca digerebeknya lokasi galian C diduga ilegal milik Hasan (40) di D...



Stabat-News Metro Langkat

Pasca digerebeknya lokasi galian C diduga ilegal milik Hasan (40) di Desa Sei Litur, Kecamatan sawit Seberang, Kabupaten Langkat, Satreslrim Polres Langkat melalui unit tindak pidana tertentu (Tipiter) masih melakukan proses pemeriksaan sekaligus penyelidikan terhadap pengelola galian C Ilegal yang digrebek, Rabu (14/12) kemarin.


Dalam pengrebekan kemarin, satu alat berat (bukan seperti berita sebelumnya dua alat-red) serta lima truck yang berada dilokasi kini berada di Polres Langkat. Dari kelima truck yang digelandang ke Polres Langkat, dua diantaranya merupakan milik oknum anggota DPRD Langkat bernama Syukirin.


Syukirin yang diketahui duduk sebagai Ketua Komisi D DPRD Langkat dari Partai Hanura ini, disebut-sebut telah lama terlibat dibisnis galian C tersebut. Bahkan, upaya penertibpan yang sempat dilakukan beberapa waktu lalu selalu mendapat kendala karena terlibatnya oknum anggota DPRD ini didalamnya.


Keterlibatan Syukirin tadi dibenarkan Kasat Reskrim Polres Langkat AKP Dedi Darma. Hal tersebut ketika Metro Langkat melakukan konfirmasi Kamis (15/12) melalui sambungan telepon seluler. Menurut keterangan Kasat, saat ini pihaknya memang sudah mengamankan kelima truck dan satu buah alat berat (Exskavator) sebagai barang buktinya.


Truck yang kita amankan ada lima, dan satu buah alat berat. Dari kelima truck tadi, dua merupakan milik Syukirin yang disebut anggota DPRD Langkat.” Ujar Kasat menegaskan. Disoal keterlibatan Syukirin digalian C tersebut,perwira yang ramah informasi inipun mengatakan belum bisa menyimpulkan karena masih melakukan pemeriksaan saksi-saksi


Truck tersebut yang bawa sopirnya. Jadi kita belum mengarah ke Syukirinya lakukan pemeriksaan. Nah, kalau soal lokasi galian, itu merupakan milik Hasan. Hasan ini sudah mengantongi ijin, tapi hanya ijin explorasi galian saja, makanya dalam waktu dekat ini kita akan memanggil pihak dinas pertambangan guna mendapatkan informasi perihal boleh tidaknya beroperasi galian C dikawasan tersebut.” Jelas Dedi.


Penertibpan sekaligus penindakan terhadap galian C Ilegal yang dilakukan petugas Polres Langkat, mendapat apresiasi dari warga masyarakat di Sei Litur. Warga merasa selama ini biang kerusakan jalan dan sejumlah jembatan disana karena disebabkan beroperasinya galian C ini.


“Kami mengucapkan banyak terimakasih sama Polisi khususnya Polres Langkat yang mau menindak galian C itu, selama ini truck pengangkut material galian itulah yang merusak jalan dikampung kami, kami berharap agar galian C tersebut ditutup saja karena lebih banyak mudaratnya ketimbang manfaatnya buat warga masyarakat disini.” Ujar warga.


Terpisah, hasil wawancara salah seorang wartawan online Kamis (1/12) lalu yang dikutip Metro Langkat, dengan Syukirin perihal keterlibatanya dibisnis galian C tersebut membantahnya. “ Saya tidak ada kepentingan dengan pengusaha galian C, jadi jangan bilang saya yang melindungi,” katanya.


Untuk diketahui Polres Langkat melakukan pengrebekan  terhadap penambangan galian C diduga Ilegal milik Hasan (40) warga Lingkungan Kebun Sayur, Kelurahan Pekan Sawit Seberang, Kabupaten Langkat, Rabu (14/12) kemarin.



Dalam pengrebekan tersebut, turut diamankan satu alat berat dan lima buah truck. Kelima truck tersebut disebutl-sebut milik anggota DPRD Langkat Syukirin. Selama ini oknum anggota DPRD Langkat tersebut ikut membeckap usaha galian C tadi. Bahkan, ketika akan dilakukan pemortalan jalan, oknum anggota DPRD inilah yang paling ngotot menolaknya dengan berbagi dalih.


Data yang dikumpulkan Metro Langkat barang bukti berupa truck Hino warna hijau dan exskavator yang diamankan, kemudian diboyong ke mapolres Langkat sekitar pukul 22.30 Wib. Truck yang diamankan tersebut masing-masing bernomor polisi BK 8635 FA. BK  8636 FA, BK 8303 DD, BK 8606 FA, BK 8632 FA.(yg)
Syukirin Ketua Komisi D DPRD Langkat

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top