yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Puspennas Sosialisasikan Arkeologi Bukit Karang
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Sosialisasi Arkeologi Bukit Kerang Karang Baru –News Metro Langkat Selasa (22/11) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Peneliti...
Sosialisasi Arkeologi Bukit Kerang


Karang Baru –News Metro Langkat

Selasa (22/11) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puspennas) sosialisasikan Situs Bukit Kerang yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Sekdakab Aceh Tamiang, sebagai peserta Guru SMA, siswa SMA, Mahasiswa, Datok Penghulu, Insan Pers, serta para tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Syahri,SP dalam laporannya menyampaikan, keberadaan team arkeologi di Kabupaten Aceh Tamiang untuk mengadakan penelitian situs Bukit Kerang, agar keberadaan situs tersebut, serta hal-hal yang terkandung didalamnya dapat diketahui oleh seluruh masyarakat,”terangnya.
   
Syahri juga menyampaikan,”Disbudparpora pada tahun ini juga akan melakukan penelitian tentang makam Gajah Mada dari Kerajaan MajaPahit yang disebut-sebut berada di Kabupaten Aceh Tamiang,”jelasnya.
   
Dalam kesempatan yang sama kepala Badan Arkeologi Nasional Drs.I Made Geriya Msi menyampaikan,”apa yang disajikan dalam sosialisasi ini dapat memberikan nuansa yang bermanfaat pada kita, dan terkait dengan riset yang dilakukan di Bukit Kerang, merupakan bagian dari satu-satunya situs yang masih tersisa di Asia Tenggara,”terangnya.
   
“Banyak pengetahuan yang dapat kita pelajari dari situs Bukit Kerang, dan kedepan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan  menerapkan nilai-nilai peradaban dalam muatan lokal di sekolah-sekolah.
   
I Made menambahkan,”sekitar 130 orang peneliti Nasional sudah turun dalam rumah peradaban untuk melakukan penelitian dari berbagai situs, hal ini sebagai masukan bagi kita tentang peradaban yang pernah ada,”jelasnya.
  
 Pada kesempatan yang sama Ir.Razuardi,MT mewakili PLT Bupati Aceh Tamiang Drs.M.Ali Alfata,MM menyampaikan sambutan sekaligus membuka sosialisasi tersebut,”riset tentang situs Bukit kerang sangat penting dilakukan, yaitu untuk mengetahui lebih dalam tentang sejarah situs Bukit Kerang,”terangnya.
   
Razuardi menambahkan,”penelitian juga dapat menghasilkan pendapatan bagi Daerah,karena riset ini juga untuk menambah pengayaan tentang ilmu pengetahuan terkait situs dan budaya yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang,”tegasnya.
   
Sebagai Pemateri tunggal Profesor, Dr.Truman Simanjuntak memaparkan,terkait situs Bukit Kerang ada tiga hal yaitu, Tamiang, Bukit Kerang dan nilai-nilai kebangsaan, serta keutamaan bagaimana promosi tentang Tamiang, promosi Arkeologi, promosi Kebangsaan.
  
 “Masa lalu adalah pelajaran, inspirasi, nilai-nilai kehidupan untuk kemajuan dimasa yang akan datang, dan arkeologi merupakan bagian dari ilmu yang mempelajari masa lalu manusia, peradabannya, kejadian bencana dan hal lainnya.
   
“Asal muasal terjadinya situs Bukit Kerang, yaitu pada zaman dahulu kerang merupakan salah satu bahan panganan manusia, setelah mereka memakan kerang tersebut, bagian kulit kerangnya dibuang dikolong rumah mereka, dan pada saat itu rumah-rumah mereka merupakan rumah panggung.

   
Profesor Truman melanjutkan pemaparannya,”salah satu situs Bukit Kerang yang ada di Aceh Tamiang yaitu situs Bukit Kerang Pangkalan merupakan situs yang masih terjaga, kondisi kerusakannya hanya pada bagian utara, Bukit Kerang tersebut berada dialiran sungai Tamiang, dan dari hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya pemanfaatan lokasi sebagai tempat hunian,”jelasnya.

  
 “Situs Bukit Kerang Pangkalan memiliki ukuran panjang 66 meter, lebar 26 meter, tinggi 4,8 meter, situs ini memanjang utara-selatan, secara administratif situs Bukit Kerang masuk dalam wilayah Kampung Pangkalan, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang,”jelas Profesor Truman.

Profesor Truman menutup pemaparannya dengan menyampaikan, selain situs bukit Kerang Pangkalan, di Aceh Tamiang juga terdapat situs Bukit Kerang Binjai di Kecamatan Seruway, situs Bukit Kerang Lubuk Buaya Kecamatan Bendahara.

Usai pemaparan tentang situs Bukit Kerang, para peserta sosialisasi diberikan kesempatan melakukan tanya jawab. (A.DANI/M.ROTUAH)



About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top