yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Produksi Arang Bakau Ancam Hutan Lindung Seruway
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Seruway -News Metrolangkat.com Dapur Arang Puluhan ton arang bakau asal Kabupaten Aceh Tamia...


Seruway -News Metrolangkat.com
Dapur Arang

Puluhan ton arang bakau asal Kabupaten Aceh Tamiang secara berkala dibawa keluar daerah oleh para tengkulak, hingga saat ini tidak terjamah oleh hukum

Para oknum pelaku bianis arang bakau khusuanya  di Kecamatan Seruway ii bahkan semakin mengganas, dan tak terkontrol lagi oleh dinas terkait dan penegak hukum. “Padahal, kegiatan pengolahan arang  bakau tersebut dilakukan dengan terang - terangan  sejak lama di Kampung Air Masin Dusun Tanjung Kecamatan Seruway,” kata Mahdi (36) Masyarakat Kampung Matang Sentang Dusun Lubuk Gong Kecamatan Seruway kepada Metro Tamiang, Rabu (09/11).


Mahdi menmbahkan, sebagai contoh, ada satu bangunan dapur arang bakau milik oknum anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kabupaten Aceh Tamiang, berinisial ES,  dari Partai berlambang  Moncong Putih, yang telah beroperasi sejak lama, di Kampung Air Masin Dusun Tanjung Kecamatan Seruway.

"Ironisnya, ES, oknum anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kabupaten Aceh Tamiang itu, sejak melakukan bisnis arang bakau ini,  tidak  tersentuh oleh hukum," terang Mahdi.

Arang bakau yang telah siap dikemas dan diangkut dengan truck atau mobil box, menuju arah medan sumatera utara, hal ini sudah sejak lama berlangsung dan menjadi rahasia umum.

Dalam keterangannya ia menjelaskan juga, jika jenis arang biasa, tak menjadi masalah, tak akan saya beritahu. Tapi ini, dilihat secara kasat mata saja sudah terlihat, spesifikasi jenisnya adalah dari kayu bakau.

"Bahan baku arang bakau yang dibakar di bangunan panglong arang oknum ES tersebut, diduga kuat berasal dari kawasan pesisir hutan lindung Seruway dan  tetap di rambah tanpa ada rasa takut akan melanggar peraturan dan undang - undang tentang kawasan hutan lindung, serta pidana yang ditimbulkan atas perbuatannya tersebut" imbuhnya.

Menurut Mahdi, arang bakau yang di produksi dari panglong oknum anggota DPR Kabupaten Aceh Tamiang tersebut banyak peminatnya, karena memiliki kwalitas yang bagus. Arang jenis ini bagus, untuk pemanas suhu ruangan. Tidak menimbulkan percikan api, dan mengeluarkan aroma wangi.

Mahdi minta kepada aparat penegak hukum dan dinas yang terkait Kabupaten Aceh Tamiang, agar dapat memanggil dan memeriksa "ES", untuk menertibkan keberadaan panglong pembakaran arang  bakau miliknya itu.  (Rotuah)













About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top