yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: KIP Aceh Tamiang Kembali Digugat
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Karang Baru – MT Lukmanul Hakim dan Abdul Manaf sebagai Pemohon Panitia Pengawas Pemilihan (Pa...

Karang Baru – MT

Lukmanul Hakim dan Abdul Manaf sebagai Pemohon
Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Tamiang yang berkantor di perumahan BTN Satelit Graha Kecamatan Karang Baru menggelar kembali sidang musyawarah lanjutan sengketa pemilihan Calon Bupati – Wakil Bupati Aceh Tamiang, sidang gugatan yang diajukan oleh pihak Lukmanul Hakim dan Abdul Manaf sebagai Pemohon, digelar  Jum’at (04/11) kemarin.

Dalam gugatan Pemohon pada sidang sebelumnya menyampaikan,Keputusan Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Aceh Tamiang No.130/Kpts/KIP-Kab-001.434600/ 2016 tanggal 24 Okteber 2016 tentang penetapan pasangan calon peserta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang tahun 2017, dan berita acara Rapat pleno Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Aceh Tamiang Nomor : 90/BA/X/2016 tanggal 24 Okteber 2016 Tentang penetapan pasangan calon peserta Pemilihan Bupati dan wakil bupati Aceh Tamiang 2017.

Selanjutnya tentang putusan Sengketa  nomor permohonan 001/X/REG.Panwaslih-Atam/2016 tanggal 19 Okteber 2016, dan dengan sengaja KIP Aceh Tamiang tidak menetapkan standar pemeriksaan aspek psikologis dalam pencalonan pemilihan Kepala Daerah dan dan wakil kepala daerah Komisi Pemilihan umum RI berdasarkan surat KPU RI No. 507/KPU/IX/2016 tanggal 05 September 2016 kepada KIP Kabupaten/ Kota, Selain itu tidak memberi ruang pengawasan dari panwaslih kabupaten Aceh Tamiang dalam proses uji ulang kesehatan.

Pada sidang lanjutan yang digelar dengan agenda mendengarkan jawaban dari Termohon, dalam sidang tersebut Komisi Independen Pemilihan (KIP) kabupaten Aceh Tamiang diwakili oleh Keumalawati Komisioner KIP dengan memberi jawaban atas gugagatan Pemohon yaitu,”KIP telah memberikan standar pengujian tes kesehatan pada Pemohon dan telah mengeluarkan surat keputusan (SK) tentang uji kesehatan,”jelasnya.

 “Terkait pernyataan Pemohon yang menyatakan bahwa KIP tidak memberi peluang pada Panwaslih adalah tidak benar, karena pada saat tes uji kesehatan dilaksanakan, dua orang anggota Panwaslih hadir sampai pemeriksaan selesai.

Keumalawati menambahkan,”semua keputusan Panwaslih tentang uji tes kesehatan ulang, telah dilakukan oleh KIP Aceh Tamiang, dan tidak ada satu pun keputusan Panwaslih yang dilanggar, jadi apa pun yang digugatkan oleh Pemohon adalah tidak benar,”tegasnya.(A.DANI/M.ROTUAH)









About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top