yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Bersukacita di Acara Syukuran Laut Masyarakat Pulau Kampai Ketua Cana, Bantu pembangunan Sejumlah Masjid, Anak Yatim, dan Kaum Duafa.
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Ketua Cana PULAU KAMPAI-News Metro Langkat Masyarakat neleyan yang bermukim di Pulau Kampai, Kecamatan Pangkalan Susu, banyak yang...
Ketua Cana


PULAU KAMPAI-News Metro Langkat

Masyarakat neleyan yang bermukim di Pulau Kampai, Kecamatan Pangkalan Susu, banyak yang tidak melaut selama tiga hari belakangan ini. Mereka lebih memilih ikut bersilaturrahmi dengan sesama warga pada acara Syukuran Laut yang digelar di lapangan terbuka Kampung Pulau Kampai, Rabu (23/11).

Kesibukan memang sudah tampak mewarnai akan berlangsungnya acara Syukuran Laut tersebut. Diantaranya, tiga hari sebelum acara berlangsung, masarakatsudah lebih dulu mengadakan acara  Zikir Akbar, Tausiah, serta berodoa bersama memohon kepada Yang Maha Kuasa agar masyarakat nelayan, khususnya, diberikan rezeki yang berlimpah. Kesehatan, dan jauh dari bala bencana.

Sebelum acara dimulai, para tamu undangan seperti Ketua DPRD Langkat, Terbit Rencana PA, SE, H Syah Affandin  menyempatkan diri untuk berziarah di kuburan yang panjangnya mencapai 8 Meter, dan yang satunya  7 meter. Masyarakat Pulau Kampai dan sekitarnya sangat menghormati almarhum yang makamnya sudah berusia lama.

Bagi masyarakat puak Melayu, khususnya di pulau tersebut, acara ritual yang dimaksudkan adalah sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat atas karunia kesehatan , rezeki dan dijauhkan dari bencana oleh Allah Swt. Lebih dari itu, acara yang selalu ditunggu-tunggu setiap tahun berganti ini sudah lama dijadikan tempat untuk mempererat tali silaturrahmi antara sesama nelayan maupun warga setempat yang datang dari rantau.
 
Nuansa acara yang Islami ini semakin meriah karena dalam kesempatan ini banyak pula warga setempat yang merantau di tanah orang,  berkesempatan untuk pulang kampung. Saat itu sungguh tak terperikan rasanya bahagia di hati. Suasana yang harmonis ini pada akhirnya bisa meningkatkan solidaritas sesama mereka.

Pada acara kali ini tak kurang dari 1000 warga yang datang dari pelosok desa hingga dari luar daerah. Mereka larut dalam suasana gembira, seraya bertutur sapa dengan sesama mereka. Segala persiapan yang diperlukan sudah pun terpenuhi.

Ketua DPRD Langkat, Terbit Rencana PA, SE, tampak hadir diantara kerumunan massa yang hadir. Dari raut wajahnya, terlihat ceria karena dibalut rasa sukacita  yang meliputi perasaan lahir dan batinnya. Tak henti-hentinya dia dan Wakil Bupati Sulistianto, serta H. Syah Afandin SH, tersenyum saat menyapa dan menyalam warga yang menyongsongnya.

Sebagaimana lazimnya acara Syukuran Laut di Pulau Kampai, maka acara dibuka dengan berbagai kata sambutan serta diiringi doa agar para nelayan, petani, dan lainnya di sana senantiasa diberikan rahmat kesehatan, rezeki, dan dijauhkan dari bala bencana.

Memulai kata sambutannya, Kepala Desa Pulau Kampai, Amir Husin, menyampaikan harapannya agar keinginan masyarakat yang sudah lama menjadi imipian, seperti pembangunan jembatan yang menghubungkan Kecamatan Pematang Jaya-Desa Seran Jaya-Pulau Kampai.
        
 “Dengan demikan maka masyarakat bisa dengan mudah mengangkut hasil bumi yang ada di desa melalui jalan darat. Begitu pula dengan keindahan wisata di kampung itu bisa diakses leeat darat oleh para wisatawan domestik maupun internasional, ucap Amir Husin penuh semangat di hadapan Ketua DPRD Terbit Rencana PA, SE, Wakil Bupati Sulistianto, dan H Syah Afandin SH.

Terbit Rencana PA SE, sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat di dalam sambutannya menyahuti harapan warga setempat dengan serius. Masalah pembangunan jembatan patut disikapi dan karenanya Terbit Rencana PA,SE, berjanji akan membahas masalah itu lebih lanjut dan akan berkordinasi dengan Bupati Langfkat H Ngogesa Sitepu, t,

Sulis Tianto sebagai wakil Bupati juga menuturkan dalam Pidatonya mudah-mudahan pembangunan jembatan akan terlaksana dengan secepatnya.  Sementara H.Syah Afandin SH, Ketua Fraksi PAN DPRD Provinsi Sumatra Utara menyampaikan di dalam sambutannya  akan berusaha se maksimal mungkin untuk mengembangkan  potensi  objek wisata seperti pantai yang ada di Desa Pulau Kampai   agar dapat di kenal masyarakat luar dan manca negara.

Terbit Rencana PA, SE, dalam kesempatan itu tidak hanya berjanji akan membahas percepatan pembangunan jembatan itu dengan Bupati Ngogesa.  Ketua DPRD Langkat ini juga menyerahkan bantuan uang senilai Rp 10 juta untuk Masjid Baitur Rahman, Masjid Nurul Iman Desa Sei Pinang senilai Rp Rp 10 juta, dan surau Al Yatim di Rp 2.5 juta.

Tak cukup sampai di situ,  Terbit Rencana juga menyantuni 41 anak yatim dan fakir miskin yang ada di Pulau Kampai. Bantuan selanjutnya diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Perikanan Langkat Subianto kepada  Kelompok Maju Jaya berupa benih ikan kerapu, Kelompok Karang Taruna berupa pengolahan terasi, Kelompok Bakau Mas berupa benih ikan, Kelompok Seroja berupa ,  Kelompok,Seroja berupa Pengolahan Terasi.

M Yusuf K, selaku Ketua Rukun Nelayan Se Desa Pulau Kampai dan bekerja sama dengan Said Usman, selaku Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Kenduri Laut Atau Sukuran erasa bersyukur denan adanya bantuan tersebut. “ Kami yang mew2akili masyarakat mengucapkan banyak terima kasih kepada semua masyarakat, tokoh agama, juga perangkat desa. Karena berkat dukungannya, acara bisa berjaan sukses,” kata M Yusuf..(Surya)
             
 Dalam kesempatan tersebut, Terbit Rencana PA, SE, mengatakan kepada Metro Langfkat, sangat bangga sekali gus terharu dengan kesungguhan masyarakat Pulau Kampai untuk membangun desanya. “Hal ini lah yang antara lain mengetuk hati saya untuk memberikan bantuan meskipun dalam jumlah tidak besar. Namun selanjutnya Ia berjanji akan membantu pembangunan Desa Pulau Kampai dalam kapasitas saya sebagai Kertua DPRD Langkat, maupun secara pribadi sesuai dengan  kemampuan yang ada,” kata Terbit Rencana PA, SE,” kepada METRO Langkat.(bey)

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top