yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: 13 Hari Operasi Zebra, Polres Binjai Tindak 1.125 Pengendara
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Ops Zebra di Binjai BINJAI – News Metro Langkat Sebanyak 1.125 pengendara ditindak, sepanjang pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2016 Polr...
Ops Zebra di Binjai


BINJAI – News Metro Langkat

Sebanyak 1.125 pengendara ditindak, sepanjang pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2016 Polres Binjai, mulai 16 hingga 29 November. Dari jumlah itu, 911 pengendara ditilang, dan 214 lainnya mendapat teguran.

"Sebagian besar pelaku pelanggaran lalu lintas yang kita tindak itu ialah para pengendara sepedamotor," ungkap Kapolres Binjai, AKBP Mohamad Rendra Salipu SIK M Si saat diwawancara wartawan, Rabu (30/11).


Khusus tindakan tilang, Kapolres mengatakan, upaya itu dilakukan mengingat banyak pengendara belum memiliki surat izin mengemudi (SIM), masa berlaku surat tanda nomor kendaraan sudah kadaluarsa, dan tidak menggunakan helm.

Apalagi menurutnya, dari total 911 tindakan tilang terhadap para pengendara pelaku pelanggaran rambu dan peraturan berlalu lintas, pihaknya turut menyita sebanyak 596 STNK, 149 SIM, dan 166 kendaraan bermotor.

"Meskipun angka pelanggaran lalu lintas di Kota Binjai relatif masih tinggi, namun jika dibandingkan hasil pelaksanaan operasi serupa di tahun sebelumnya, justru telah terjadi penurunan hampir sebesar 50 persen," seru Kapolres.

Pasalnya, selama pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2015 silam, Polres Binjai justru menindak sebanyak 2.169 pengendara, dengan rincian 1.810  pengendara ditilang, dan 359 lainnya mendapat teguran.
Kapolres juga mengakui, angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) sepanjang pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2016 Polres Binjai, juga mengalami penurunan signifikan sebesar 40 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Sebab di tahun 2015 silam, tercatat sebanyak lima kasus kecelakaan lalu lintas terjadi di wilayah hukum Polres Binjai, dengan satu korban meninggal dunia, empat luka berat, dan lima luka ringan.

Sementara di tahun 2016, justru hanya ada tiga kasus kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Binjai, dengan dua korban meninggal dunia, satu luka berat dan dua luka ringan.

"Grafik penurunan angka pelanggaran dan lakalantas ini, setidaknya bisa menjadi salah satu indikator peningkatan kesadaran masyarakat dalam mematuhi peraturan berlalu lintas," ujar Kapolres. ( rki )
Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top