yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Realisasi Tanaman Padi di Aceh Tamiang Capai 13.025 Ha
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Kepala Bidang Peroduksi dan Perlindungan Tanaman  Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tamiang Mustafa,S...
Kepala Bidang Peroduksi dan Perlindungan Tanaman  Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tamiang Mustafa,SP


Aceh Tamiamg - News Metrolangkat.com

Rencana  tanaman padi petani di Kabupaten Aceh Tamiang, hingga akhir September 2016 ini seluas 13.025 hektare, dari rencana tanam  32.024 hektare yang ditargetkan oleh dinas pertanian setempat.

"Sudah terealisasi di lapangan mencapai .13.025 hektare . Sisa kekurangan  ditargetkan hingga akhir bulan Desember  diupayakan dapat terpenuhi" kata Kepala Dinas drh. Yusbar, melalui Kepala Bidang Peroduksi dan Perlindungan Tanaman  Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tamiang Mustafa,SP, Selasa (18/10) kepada Metro Tamiang (Grup News Metrolangkat.com)

Kabid Produksi dan Perlindungan Tanaman, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang, Mustafa,SP, mengungkapkan dari rencana tanam seluas  32.024 hektare, maka saat ini sudah tertanam  seluas 13.025 hektare , sisanya seluas 18.999 hektare lagi yang ditargetkan akan dipenuhi diakhir Desember Tahun ini.

"Kami yakin akhir Desember sudah terpenuhi sisa tanam tersebut, hal ini disebabkan para petani sudah mulai melakukan penanaman kembali, seperti di kecamatan Bendahara, Bandamulia dan Kecamatan Manyak Payed Walau belum memiliki irigasi tekhnis.

Dinas Pertanian dan Perternakan Kabupaten Aceh Tamiang  senantiasa mendorong agar petani lainnya turut serta melakukan hal yang sama, terutama  pada areal lahan tadah hujan yang sekarang ini di beberapa tempat sudah mulai turun hujan.

"Menanam padi dengan secara serentak dapat menghambat berkembangnya penyakit hama tanaman, dan juga dapat menghasilkan produksi yang serentak," sambungnya.

Mustafa juga menegaskan akan terus berupaya guna mewujudkan swasembada padi maupun beras di Kabupaten Aceh Tamiang, yang merupakan salah satu lumbung padi di Provinsi Aceh bersama dengan Kabupaten lainnya, sepaerti kabupaten Pidie, Pide Jaya dan lainnya. Dengan demikian, target produksi padi untuk tahun 20016 ini mudah - mudahan akan bisa tercapai sekitar 151.282 ton, dengan produksi 65 kwintal per hektarenya.

"Ada juga tanaman holtikultura, palawija dan sayur mayur yang kini sudah terealisasi tanam seperti Kedelai seluas 250 hektare, jagung seluas 1000 hektare.

Selain itu, kacang tanah 24 hektare, kacang hijau 13 hektare, ubi jalar 19 hektare, cabai 11 hektare, dan kacang panjang 20 hektare. Selanjutnya, tanaman terong 13 hektare,  semangka 5 hektare, dan kangkung 20 hektare," jelas Mustafa, SP. (Rotuah)

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top