yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Orangtua Siswa Diminta Harus Selalu Beri Dukungan Pendidikan
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tamiang  Drs. Ikhwanuddin Karang Baru - Metrotamiang.com ...
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tamiang  Drs. Ikhwanuddin

Karang Baru - Metrotamiang.com

Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang minta kepada masyarakat, khususnya orang tua siswa untuk senantiasa memberikan dukungan pendidikan, antara lain seperti sumbangan pemikiran,  moral dan barang/jasa bagi anak - anaknya, guna melahirkan generasi penerus yang handal dan berkarakter.

"Karena salah satu prinsip manejeman berbasis sekolah, yakni adanya partisipasi atau peran serta masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan. Apabila tidak adanya peran serta masyarakat untuk mendukung hal tersebut, dipastikan akan sedikit lahir generasi yang handal" jelas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tamiang," Drs. Ikhwanuddin, jum’at(30/09).

Dikatakannya, selama ini peran orang tua murid dalam penyelenggaraan pendidikan masih minim. Partisipasi masyarakat pada umumnya hanya sebatas pada dukungan dana saja. Sementara dukungan untuk pemikiran serta lainnya kurang diperhatikan.

Guna memperbaikinya, maka diperlukan suatu terobosan, seperti melaksanakan orientasi penyelenggaraan pendidikan. Terlebih lagi masyarakat memegang peran dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan pendidikan, terutama dalam pendidikan moralitas agama.

Dalam kesempatan itu, Kadis tersebut juga menjelaskan, dengan bersama kita bisa melahirkan generasi handal dan dan berkarakter sebab masyarakat memiliki hak untuk memperoleh pendidikan yang baik dan juga memiliki kewajiban guna mengembangkan dan menjaga untuk keberlangsungan penyelenggaraan peroses pendidikan.

"Undang - undang pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003, telah mengamanatkan bahwasanya pendidikan merupakan tanggung jawab kita bersama antara pemerintah, masyarakat dan keluarga," ujarnya.

Lebih lanjut Ikhwanuddin juga menyebutkan, saat ini masyarakat dapat terlibat dalam memberikan sumbangan dalam bentuk bantuan dana, pembuatan gedung sekolah, areal pendidikan, serta tekhnik edukatif seperti peroses belajar mengajar, bersedia menjadi tenaga pengajar, mendiskusikan pelaksanaan kurikulum, membahas tentang kemajuan belajar, dan lain - lain.

Oleh sebab itu, diminta kepada semua pihak diharapkannya untuk bersama - sama bergandengan tangan untuk melaksanakan fungsi dan peran serta secara maksimal guna meningkatkan mutu pendidikan, baik itu pendidikan umum ataupun pendidikan agama. (Rotuah)

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top