yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: KEMENAG LANGKAT PERSIAPKAN 50 PASANGAN "ISBAT" NIKAH TERPADU
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Isbat atau nikah masal gratis. (Ilustrasi) STABAT - Metrolangkat.com Kementerian Agama Kabupate...
Isbat atau nikah masal gratis. (Ilustrasi)



STABAT - Metrolangkat.com

Kementerian Agama Kabupaten Langkat, melakukan "isbat" atau penetapan nikah terhadap 50 pasangan warga miskin dan kurang mampu terdahulu secara terpadu dikarenakan surat nikah mereka waktu itu hilang atau rusak.

"Isbat nikah ini dilakukan di Kecamatan Besitang dan ini untuk yang ketiga kalinya dimana sebelumnya dilakukan di Kuala diikuti 50 pasangan dan Stabat diikuti 50 pasangan," kata Kepala Kementerian Agama Langkat Tengku Darmansyah MA di Stabat, Kamis (6/10).

 Pelaksanaan isbat nikah itu dilakukan isntansinya bekerja sama dengan Pengadilan Agama Stabat dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Langkat.

Dengan penetapan tersebut, diharapkan 50 pasangan di Langkat itu nantinya akan mempunyai buku nikah yang baru. "Selama ini mereka tidak mempunyai buku nikah dikarenakan rusak, hanyut akibat banjir bandang yang melanda kawasan Kecamatan Besitang," katanya.

Selain itu melalui isbat nikah yang dilaksanakan tersebuy akan mempermudah warga mengikuti berbagai prosedur sesuai ketentuan yang berlaku.

"Mereka yang ikut isbat nikah 50 pasangan itu tidak lagi dikenakan biaya, semuanya dilaksanakan secara gratis, mereka hanya ikut saja, terutama bagi warga miskin, kurang mampu, dan anak-anaknya masih usia sekolah" katanya.

Kepala Seksi Bimbingan Agama Islam Kementerian Agama Langjat Farhan Indra menjelaskan, isbat nikah itu akan memutus mata rantai pengurusan nikah baik dari segi waktu, mau pun biaya dan lainnya.

Isbat nikah itu akan dilaksanakan Jumat (7/10) dan direncanakan akan dihadiri anggota DPR RI asal Partai Golkar daerah pemilihan Langkat Delia Pratiwi Sitepu yang juga berkenan memberikan 200 helai kain sarung kepada peserta isbat nikah.

"Mudah-mudahan pada tahun-tahun mendatang hal seperti ini bisa juga dilaksanakan di tempat lainnya, diharapkan bantuan dari Pemkab Langkat dengan menampung anggaran untuk pelaksanaan isbat nikah kedepannya," ujar Farhan.(If)

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top