yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Banjir di Perkotaan Secanggang Rendam Ratusan Rumah
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Wabub tinjau banir di Desa Perkotaan Secanggang.   SECANGGANG-News Metrolangkat.com Banjir di ...
Wabub tinjau banir di Desa Perkotaan Secanggang.

 

SECANGGANG-News Metrolangkat.com

Banjir di Desa Perkotaan, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, masih bertahan. Untuk itu  Pemkab. Langkat menyarankan kepada pemerintahan Desa Perkotaan untuk melakukan gotong royong membersihkan aliran sungai agar bila banjir datang air bisa cepat surut.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Langkat Drs H.Sulistianto, M. Si saat meninjau banjir bersama Camat Secanggang Aliandi, SH, Senin (17/10). Banjir yang terjadi di Desa Perkotaan sejak kemarin hingga hari ini air masih bertahan, banjir yang disebabkan oleh curah hujan yang tinggi sehingga air sungai kapal keruk meluap kepemukiman warga yang berdiam dibantaran sungai tersebut, selain itu penyebab banjir juga karena pasang surut air laut.

Akibat dari banjir tersebut 87 rumah warga di dusun II Perkotaan dan 48 rumah di Dusun I Kota Lama tergenang air, ketinggian air didalam rumah mencapai 20 cm, sedangkan diluar rumah ketinggian air mencapai 50 cm.

Wakil Bupati Langkat Sulistianto yang meninjau lokasi banjir, meminta kepada pemerintahan desa dan warga untuk bergotong royong membersihkan kali agar air cepat turun. Selain itu wakil bupati juga melihat kondisi pintu air yang rusak dan akan segera meminta ke Dinas PU untuk memperbaiki.

“Saya bersama camat akan ikut dalam gotong royong bersih sungai disini, silahkan dijadwalkan,” ujar Sulis. Selain pemukiman warga, banjir juga menggenangi areal persawahan warga sehingga banyak benih padi persemaian warga yang tenggelam, disebagian tempat warga juga banyak yang memanen padi mereka lebih awal karena tanaman padi sudah tergenang air.

Sedangkan untuk korban banjir sudah banyak yang menderita sakit, terutama gatal-gatal, masuk angin dan gangguan pencernaan, namun mereka sudah berobat ke pos kesehatan dari Puskesmas Desa Teluk yang ada di lokasi.

Kepala Desa Perkotaan Sarmin mengatakan bahwa di Dusun I Kota Lama itu sudah dibuat tanggul penahan air sungai, yang dibangun secara swadaya masyarakat, namun karena curah hujan yang tinggi dan pasang air laut (Rob) debit air cukup tinggi sehingga air melimpah melewati tanggul tersebut, dan airpun masuk kepemukiman warga.

Pantauan METRO LANGKAT di lapangan sampai sejauh ini belum ada bantuan apapun dari pemerintah, selain posko kesehatan. Sulistianto juga sempat menyambangi Polindes Paluh Ibus Desa Karang Gading, dan Posko Kesehatan Puskesmas Teluk di Desa Perkotaan.

Dalam peninjauan banjir tersebut turut serta Wakapolsek Secanggang IPTU Samsul Iskandar, Bhabinkamtibmas Desa Perkotaan Bripka S Kaloko, Babinsa Koramil/08 Secanggang Serka Ah Huat, Kepala Seksi Trantib Suharni, Dari Puskesmas Teluk diwakili KTU Risca Andriani, SST dan TKSK Secanggang M. Salim. (lim)

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top