yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Panen Padi DiLangkat Capai 44,64 Persen
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Langkat,News metrolangkat.com tanaman padi.(ilustrasi) Panen padi sawah di Kabupaten Langkat hingga akhir Agustus 2016 mencapai 44,64 p...

Langkat,News metrolangkat.com
tanaman padi.(ilustrasi)

Panen padi sawah di Kabupaten Langkat hingga akhir Agustus 2016 mencapai 44,64 persen dari rencana panen seluas 83.602 hektare. "Realisasi panen ini terutama berada di kawasan yang beririgasi teknis," ujar Kepala Dinas Pertanian Langkat Nasiruddin kepada wartawan saat dikonfirmasi.

Nasiruddin menjelaskan realisasi 44,64 persen atau seluas 37.320 hektare itu terutama pada lahan persawahan yang ada di Kecamatan Bahorok, Sirapit, Sei Bingei, Binjai, Stabat, Secanggang.

Ia mengharapkan setelah petani sekarang ini turun ke sawah untuk kembali melakukan pertanaman padi, realisasi hasil panen semakin bertambah, apalagi Langkat merupakan salah satu sentra produksi padi di Sumatera Utara.

Untuk mendukung keberhasilan panen maupun pertanaman padi, instansinya sudah membagikan berbagai alat pertanian seperti traktor tangan, power treser, pompa air dan berbagai bantuan lainnya, guna meningkatkan pertanaman padi.

Selain panen padi sawah, petani di daerah itu juga sudah panen padi dari lahan tadah hujan seluas 587 hektare dari rencana panen seluas 2.294 hektare atau 25,58 persen.

"Ini juga mengindikasikan adanya kenaikan untuk panen sehingga diharapkan hingga akhir Desember mendatang bisa terpenuhi target panen," ungkapnya.

Sementara mengenai produksi padi dari keseluruhan panen yang dilakukan petani belum bisa dihitung karena biasanya penghitungan dilakukan akhir Desember bersama dengan Badan Pusat Statistik (BPS).

Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian Langkat Yusfik Helmi menjelaskan selain padi, ada berbagai komoditas lain seperti palawija, sayuran, hortikultura yang kini juga sedang panen yang trennya terlihat meningkat di kawasan tertentu.

Seperti kedelai sudah panen seluas 215 hektare, jagung seluas 10.782 hektare, kacang tanah seluas 342 hektare, kacang hijau seluas 326 hektare, ubi jalar seluas 151 hektare, ubi kayu seluas 430 hektare.

Untuk cabai sekarang ini sudah panen seluas 165 hektare, kacang panjang seluas 319 hektare, terong 95 hektare, tomat sembilan hektare, ketimun 165 hektare, semangka 212 hektare, bayam 77 hektare, kembang kol dua hektare, sawi 72 hektare dan kangkung 43 hektare. (ant/yg)

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top