yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Halau Truck Galian C, warga Binjai Selatan Tak Tidur Malam
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Biar hujan warga terus lakukan bblokade tiap malam RAMBUNG –News Metrobinjai.com Puluhan masyarakat Kelurahan Rambung Dalam dan Kelur...



Biar hujan warga terus lakukan bblokade tiap malam


RAMBUNG –News Metrobinjai.com

Puluhan masyarakat Kelurahan Rambung Dalam dan Kelurahan Rambung Timur, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, hampir tiap malam mulai dari pukul 12.00 WIB hingga menjelang subuh, terus menggelar aksi solidaritas menjaga dan menghalau truk-truk bermuatan galian C dan truk pengangkut CPO melintasi jalan Letjen Jamin Ginting.



Hal itu mereka lakukan karena warga di sekitar Jln.Letjen Janim Ginting, Lingkungan IV, Kelurahan Rambung Dalam, sudah muak dengan ulah para supir truk yang dengan enaknya menghancurkan jalan. Akibat rusaknya jalan tersebut, setiap truk-truk yang dibiarkan bebas melintas menimbulkan debu yang cukup pekat dan membahayakan kesehatan warga sekitar.



Aksi spontanitas itu mereka lakukan menyusul perintah pembongkaran blokade jalan, berupa kayu, ban bekas, dan dahan pohon, di tengah Jalan Letjend Djamin Ginting, Kecamatan Binjai Selatan, yang mengalami kerusakan.



Dalam orasinya, warga menolak pembongkaran blokade jalan, Polres Binjai dan Dinas Perhubungan Kota Binjai, memberi jaminan tidak ada lagi truk bertonase tinggi melintasi jalan tersebut.



Dalam kesempatan itu, warga juga meminta Pemko Binjai segera melakukan perbaikan Jalan Letdjen Jamin Ginting yang saat ini kondisinya rusak parah.



Sebab menurut mereka, kerusakan badan jalan sepenuhnya disebabkan aktifitas lalu-lalang truk bertonase tinggi. Bahkan, akibat kerusakan jalan, warga mengaleluhkan banyaknya debu dan kecelakaan lalu lintas di tempat itu.



Kapolsek Binjai Selatan, Kompol Choky Sentosa Meliala, Danramil 17/BT, Kapten Inf AY Lubis, Kasi Trantib Kecamatan Binjai Selatan, Pangihutan Siregar, Lurah Rambung Dalam, Hadi Kesuma, Lurah Rambung Barat, Edi Februanto, Kepling IV Rambung Dalam, M Ishaq Batubara, Babin Kamtibmas Rambung Dalam, Aiptu S Sirait, dan Babinkamtibmas Rambung Barat, Aiptu Zulfri, tampak hadir melakukan musyawarah dengan masyarakat yang melakukan aksi blokade.



Sementara itu, Kapolsek Binjai Selatan, Kompol Choky Sentosa Meliala, menyatakan, alasan perintah pembongkaran blokade dikarenakan tidak diizinkannya lagi truk bertonase tinggi melintasi kawasan itu.



"Warga meminta agar truk galian C tidak melintas lagi di jalan ini, karena warga menganggap rusaknya jalan akibat truk truk besar bermuatan galian C sering melintas. Sehingga pernah mengakibatkan kecelakaan.Kita pastikan ada anggota kita yang menjaga di sini. Kalau ada truk galian C yang melintas, kita bersama dengan warga akan menyuruh truk itu untuk kembali. Caranya dengan tindakan persuasif. Kalau tetap terus menerobos, maka akan kita lakukan penilangan," ujarnya.



Apalagi, masih kata Kompol Chky, pemasangan blokade turut melanggar Undang Undang RI tentang Lalu Lintas. Karena dikhawatirkan memicu kecelakaan lalu lintas.



Sementara itu, kepala lingkungan IV Rambung Dalam, M.Ishak Batubara, mengatakan, dihalanginya jalan tersebut karena di sekitar tempat itu banyak warga berjualan makanan. Sehingga mengakibatkan debu masuk ke tempat jualan warga.



"Setiap malam sedikitnya 200 truk muatan galian C yang melintas di sini. Muatannya sangat berlebihan dan abunya kemana mana. Makanya dihalangi biar debu tidak naik. Karena banyak penjual bakso dan makanan di tempat ini. Kami berharap, agar dinas terkait segera memperbaiki jalan ini dan jangan tutup mata," harapnya.



Hingga pukul 11.30 WIB, Kapolsek Binjai Selatan, Danramil 17/BT, serta aparatur kelurahan terkait, masih melakukan mediasi terhadap warga.(ism)



//Ket.Foto 1 : Kapolsek Binjai Selatan, Kompol Choky Sentosa Meliala, Danramil 17/BT, Kapten Inf AY Lubis, Kasi Trantib Kecamatan Binjai Selatan, Pangihutan Siregar, Lurah Rambung Dalam, Hadi Kesuma, Lurah Rambung Barat, Edi Februanto, Kepling IV Rambung Dalam, M Ishaq Batubara, Babin Kamtibmas Rambung Dalam, Aiptu S Sirait, dan Babinkamtibmas Rambung Barat, Aiptu Zulfri, tampak hadir melakukan musyawarah dengan masyarakat yang melakukan aksi blokade.(FOTO/ISMAIL)



//Ket.Foto 2 : Meski dibawah guyuran hujan deras, warga tetap berupaya melakukan blokade jalan mencegah truk bertonase tinggi melintasi jalan Jamin Ginting.(FOTO/RUDI)




Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top