yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: BMT Pradesa Mitra Mandiri, Bagikan Nasi Umat Setiap Jum’at
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Salah seorang karyawan BMT Pradesa diabadikan usai memberikan nasi umat.(ist) Langkat-News Metrolangkat.com Beberapa orang abang beca...
Salah seorang karyawan BMT Pradesa diabadikan usai memberikan nasi umat.(ist)

Langkat-News Metrolangkat.com

Beberapa orang abang becak sempat dibuat bingung dengan ulah seorang wanita cantik mengenakan hijab. Wanita yang mengenakan baju lengan panjang itu menyodorkan sebungkus nasi kepada siabang becak seraya mengatakan kalau makanan tersebut sengaja diberikan kepadanya.

“ Ini sadakah BMT Pradesa setiap hari Jum’at, mudah-mudahan bermanfaat, “ ujar wanita tersebut dengan ramahnya. Selain abang becak, warga l.ainya yang mendapatkan jatah nasi bungkus tersebut adalah kaum dhuafa dan masyarakat kurang mampu lainya.

Maneger BMT Pradesa Mitra Mandiri Langkat, Try Darma Yoga Hasibuan ketika ditemui Metro Langkat, Rabu (21/9) mengatakan kalau mereka (BMT Pradesa-red) telah melakukan hal tersebut sejak beberapa tahun belakangan ini.
Nasi umat yang diberikan setiap hari Jum'at kepada warga yang kurang mampu.

“ Kalau bagi-bagi nasi bungkus itu sudah kita lakukan dari beberapa tahun yang lalu. Kalau istilah kita ‘ Nasi umat,  namanya, “ ujar Suami dari Nurhayati ini. Lanjut pria yang murah senyum ini, adapun sasaran mereka yang menerima nasi umat tersebut adalah mereka-mereka yang memang benar-benar membutuhkan.

“ Yang kita lakukan ini kalau bisa tolong jangan dibesar-besarkan bang, soalnya takut dibilang ria atau apa gitu, lirih ayah dari Nugie dan Devien ini sambil menyapu jangutnya.

“ Nasi umat ini kita keluarkan sepuluh bungkus dari setiap kantor unit, maksudnya kita ada 7 kantor unit didaerah ini yang tersebar di Kabupaten Langkat masing-masing unit bagikan sepuluh nasi bungkus kepada warga sekitar yang kurang mampu, “ beber pria yang hoby otomotif tersebut.

Menurut Yoga, begitu pria ini selalu dipangil, secara historis, kehadiran BMT Pradesa Mitra Mandiri tidak bisa dipisahkan dari peran aktif kepedulian terhadap kalangan ekonomi rendah yang sebelumnya banyak terjerat dalam lingkaran modal dan kemiskinan.
Seorang abang becak tersenyum syukur mendapat nasi umat BMT Preadesa.

Hal itu pula yang mendorong BMT Pradesa Mitra Mandiri terus bersinergi dan dibangun dalam bingkai kebersamaan yang mengedepankan azas manfaat bagi Ummat. BMT Pradesa Mitra Mandiri, merupakan lembaga keuangan mikro  syari’ah yang notabenenya adalah lembaga keuangan aset umat dengan prinsip operasionalnya mengacu pada prinsip-prinsip syari’at Islam.

Lembaga keuangan ini dibentuk dalam upaya memberdayakan umat secara kebersamaan melalui kegiatan simpanan dan pembiayaan serta kegiatan-kegiatan yang berdampak pada peningkatan ekonomi anggota dan mitra binaan ke arah yang lebih baik, lebih aman, serta lebih adil.” Ujarnya.

Sebagai lembaga yang mengemban misi sosial, maka dibentuklah divisi Baitul Maal yang dikelola secara terpisah agar dapat berjalan secara optimal melayani umat. Namun, bukan hal yang mudah untuk mendirikannya. Berbagai tantangan dilalui BMT Pradesa Mitra Mandiri di Kota Stabat, Kab Langkat kala itu.

Dengan ketegaran yang dibarengi ilmu pengetahuan ekonomi syariah serta semangat dan ukuwah berdirilah BMT Pradesa Mitra Mandiri pada Tahun 1999. “Rintangan dan berbagai cobaan sudah kita lalui untuk membangun BMT Pradesa Mitra Mandiri, namun justru hal itu yang menjadi motifasi kita untuk terus maju.

Dan satu hal yang unik dari BMT ini, sejak awal berdiri sampai saat ini digagas dan dikelola oleh hampir semuanya kaum muda.(yg)

Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top