yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Penggarap KTM Ditenggat 1 Minggu Kosongkan Lahan Garapan
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Penggarap KTM Ditenggat 1 Minggu Kosongkan Lahan Garapan Pertemuan pengarap dan perkebunan Stabat, News Metrolangkat.com Kisruh anta...
Penggarap KTM Ditenggat 1 Minggu Kosongkan Lahan Garapan

Pertemuan pengarap dan perkebunan
Stabat,News Metrolangkat.com

Kisruh antara kelompok Penggarap yang tergabung di Kelompok Tani Mekar (KTM) Desa Mekar Jaya, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat dengan pihak perkebunan PT LNK Kebun Gohor Lama, Rabu (24/8) dimediasi oleh Kapolres Langkat untuk duduk bersama guna mencari solusi permasalahan.

Dalam sambutanya, Kapolres Langkat AKBP Mulya Hakim Solichin mengatakan kalau pihaknya dalam hal ini netral dengan tujuan agar mendapat kata solusi untuk menyelesaikan permasalahan lahan yang dipermasalahan.” Dalam hal ini kita Polisi netral, jadi tidak ada berpihak kemanapun,” ujar kapolres menegaskan.

Sedangkan Ketua MUI Langkat Drs. Mahfud memberikan pandangan dari sisi agama tentang hak atas tanah atau lahan di pandang dari hak hukum agama dengan sosial untuk menyelesaikan permasalahan lahan yang disengketakan agar tidak berbuat serakah dan ingin rasa memiliki yang bukan menjadi hak miliknya.

Sedangkan Asram Kadus Kebon Balok, Ds. Mekar Jaya Kec. Wampu mengatakan bahwa selain menjadi Kadus yang bersangkutan mempunyai hak atas tanah di Dsn. Paya Kasih Ds. Mekar Jaya di lahan yang saat ini sebagian di garap oleh dirinya dan yang lain dengan dasar surat Ijin Garap dari Kades Mahmudin yang dikeluarkan pada tahun 1973.

Menyahuti hal tersebut pihak PTPN II mengatakan, bahwa dasar HGU sudah jelas Kebun Gohor Lama Nomor 3,4,5 dan 16 masa sampai 2024. Sejak adanya KSO dengan PT. LNK keseluruhan sudah diserahkan ke PT. LNK. Sementara pihak PT. LNK mengatakan bahwa pihak PT. LNK sebagai pengelola sudah berulang kali melakukan mediasi dengan pengarap terkait persoalan lahan ini namun belum ada kata sepakat oleh kedua belah pihak baik dari pihak PT. LNK dengan kelompok tani.

Anggota Komisi A DPRD Sdr. A Reza Kaban, yang hadir diacara ini  mengatakan bahwa sudah jelas jika bukan hak milik jangan dikuasai.Asisten I Sdr. Drs. A. Karim menyampaikan bahwa mediasi ini sudah dilaksanakan sampai ke tingkat I dan Kementerian dalam negeri yang saat itu pihak kelompok Tani dengan Jubir,Sugiono dengan mengajukan bahan permasalahan atau tuntutan tentang pembatalan HGU Nomor  3,4,5 & 16 Kebun Gohor Lama.

Jika pihak Pok Tani Mekar ingin membatalkan HGU disarankan agar ke PTUN, dan jika Sdr. Asran Kadus Paya Kasih menginginkan tanah wakaf untuk kepentingan masyarakat agar dibuatkan surat permintaan ke pihak PTPN II melalui Pemda Kab. Langkat.” Terang Karim.

Menyikap persoalan ini Iptu Marganti Pangabean menyampaikan pandangan hukum akan adanya rivatisasi dan sudah diadakan sosialiasi namun masih juga adanya gangguan keamanan sehingga pihak PT. LNK jenuh dengan permasalahan ini sehingga mengadakan pertemuan dan mencari celah solusi dan secara hukum pidana UU No. 15 yang mengatur tentang perkebunan terkait larangan dan peroleh lahan sehingga fungsi penegakkan hukum dan demi hak dan aturan perkebunan jika adanya pelanggaran, pihak kepolisian akan memberikan tindakan tegas.

Oleh karena itu mohon disampaikan kepada masyarakat tentang aturan-aturan kepemilikan atas hak tanah agar masyarakat tidak salah dan terkontaminasi dengan pihak yang tidak bertanggung jawab yang seenaknya menguasai lahan yang bukan hak miliknya. Hasil keputusan selama satu minggu pihak Muspika Kec. Wampu akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat penggarap agar mengosongkan lahan sebelum dilakukan okupasi.(yg)
Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top