yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Lagu Indonesia Raya Berkumandang, Air Mata Berderai
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Lagu Indonesia Raya Berkumandang, Air Mata Berderai Kepala Desa Namo Sialang, Rasliadi, bersama stafnya BT.SERANGAN –News Metrolangka...
Lagu Indonesia Raya Berkumandang, Air Mata Berderai


Kepala Desa Namo Sialang, Rasliadi, bersama stafnya

BT.SERANGAN –News Metrolangkat.com

Gaung hari besar nasional memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, tidak hanya dirasakan di ibu kota Kabupaten Langkat di Lapangan Alun Alun Tengku Amir Hamzah, Stabat yang hanya diikuti oleh jajaran Aparatur Sipil (ANS) dan pejabat terkait, TNI/POLRI serta utusan pelajar serta pegawai pemerintahan lainnya. Namun, yang terjadi di Desa Namo Sialang, Kec.Batang Serangan, Kab.Langkat, gaung HUT kemerdekaan RI tersebut disambut warga dengan antusias.

Baru tahun inilah, rasa Nasionalisme warga Desa Namo Sialang yang memiliki 18 Dusun, seolah bangkit. Deraian air mata haru mengingat pengorbanan jasa para pahlawan yang gugur dalam upaya memerdekaan negara Republik Indonesia dari penjajahan Belanda dan Jepang, mengalir dari ujung mata warga sembari menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

“Luar biasa. Ternyata jiwa nasionalisme warga Desa Namo Sialang atas kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta menghargai jasa para pahlawan, saat ini mulai bangkit. Antusias warga di desa ini dalam mengikuti dan menghayati sekaligus merayakan kemerdekaan Indonesia, sangat saya apresisasi. Saya bangga dengan jiwa kebangsaan yang masih dipegang teguh warga, menjadikan Desa Namo Sialang selama dipimpin Kepala Desa Bapak Rasliadi, sudah tampak hasilnya.

Kerja nyata yang dilakukan dengan cara bahu membahu dengan seluruh warga, sudah mulai tampak dan dirasakan manfaatnya,” ujar Kapolsek Padang Tualang, AKP Abd.Rahman SH, MH, didampingi Babin Kamtibmas, Bripka Zulkarnain KS, saat menjadi Inpektur Upacara (Irup) memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-37 yang dilaksanakan di Desa Namo Sialang.

Dalam kesempatan itu, AKP Abd.Rahman juga berpesan agar seluruh warga Desa Namo Sialang yang ada di 18 dusun, terus mendukung visi dan misi Kades Rasliadi.

“Sebab, selama Desa Namo Sialang dipimpin oleh Pak Kades Rasliadi, pembangunan sarana umum untuk kepentingan warga sudah mulai dirasakan manfaatnya. Semua dana bantuan dari pemerintah pusat dan dana bantuan dari APBD Pemkab Langkat, dilaksanakan dengan transfaran dan tetap melibatkan warga yang ada di 18 dusun.

Saya harapkan, dengan kokohnya rasa nasionalisme warga, juga meningkatkan kesadaran untuk memberikan pelayanan kepada para wisatawan, baik lokal maupun wisatawan mancanegara,” ujar Kapolsek sembari mengingatkan kepada seluruh warga untuk menjauhi narkoba dan membantu tugas aparat pemerintah untuk mengantisipasi masuknya berbagai jenis narkoba ke Desa Namo Sialang.

Senada dengan Kapolsek, Kepala Desa Namo Sialang, Rasliadi, dalam amanatnya menyampaikan rasa terimakasih yang tidak terhingga kepada warga desa yang ada di 18 dusun, atas partisipasinya mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI ke-37 yang dilaksanakan di Desa Namo Sialang.

“Saya sangat bangga dan bersyukur dengan rasa nasionalisme warga untuk berpartisipasi melaksanakan upacara HUT kemerdekaan negara kita ini. Kita harus terus meningkatkan rasa nasionalisme agar kita bisa mengisi kemerdekaan ini dengan rasa damai dan bermanfaat.

Bantu saya ikut mengawasi roda pemerintahan desa agar semua bantuan dana yang diterima untuk pembangunan sarana dan prasarana umum atau pun insprastruktur desa bisa dinikmati serta bermanfaat untuk seluruh warga.

Namun sayang, pelaksanaan upacara yang kita laksanakan ini lokasinya kurang luas. Karena, saat ini kita belum memiliki sarana umum olahraga (tanah lapang) yang bisa dijadikan sarana balai warga atau alun alun desa,” ujar Kades Rasliadi.

Dalam kesempatan itu, Rasliadi juga mengucapkan kepada para Kepala Dusun, yang bersusah payah mengumpulkan dan mengundang perwakilan warganya untuk ikut berpartisipasi melaksanakan upacara di Desa Namo Sialang.

Ditambahkan Kaepala Desa yang belum genap setahun memimpin Desa Namosialang tersebut, dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada para panitia dari unsur Badan Perwakilan Desa (BPD) dan seluruh lapisan masyarakat yang aktif dalam kegiatan perayaan 17-an.

“Saya juga sangat berterimakasih dengan kehadiran Kapolsek Padang Tualang, AKP Abd.Rahman SH,MH, karena dibalik kesibukan tugasnya, bersedia menghadiri upacara kemerdekaan yang diselenggarakan masyarakat Desa Namo Sialang,” ujar Rasliadi.

Kepada METRO LANGKAT, Rasliadi menceritakan bahwa untuk HUT RI ke-71 tahun 2016 tersebut, pihaknya menyediakan sebanyak 6 batang panjat pucang. Lima batang untuk mewakili 18 dusun, 1 batang untuk mewakili desa.

“Memang perayaan 17-an ini harus bisa dinikmati oleh seluruh warga desa yang ada di 18 dusun. Kalau upacara HUT kemerdekaan hanya dilaksanakan di Kantor Kecamatan, yang ikut hanya pegawai dan perwakilan pelajar saja. Tapi kalau diselenggarakan di desa, semua warga bisa mengikuti dan merayakannya. Sehingga, rasa nasionlisme warga bangkit kembali.

Jadi, begitu usai upacara di Kantor Kecamatan, saya dan seluruh perangkat desa langsung menggelar uapacara HUT 17 Agustus di desa,” ujar Rasliadi menceritakan gaung pesta rakyat perayaan 17-an yang dilaksanakan di Desa Namo Sialang.

Menurut Rasliadi, untuk panitia perayaan 17-an, pihaknya sudah sepakat yang menjadi ketua berasal dari masyarakat, BPD dan perangkat desa. Sebagai Ketua Panitia : Sumardi, Sekretaris : Kurniadi Bangun serta Seksi Perlombaan : Giat Sembiring (BPD).

Selain menyediakan 6 batang panjat pucang, panitia penyelenggara juga mengadakan lomba joged untuk ibu-ibu, tarik tambang untuk para ibu, lari goni dan masukkan kelereng ke botol yang semua pesertanya khusus untuk ibu-ibu yang ada di 18 dusun. Acara memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-71 di Desa Namo Sialang itu selain diikuti ratusan warga, Kapolsek, juga dihadiri Ketua Lembaga Pariwisata Tangkahan, Seh Ukur Depari.

Khusus untuk Desa Namo Sialang, Kades Rasliadi juga selama ini bisa bekerjasama dengan seluruh perangkat desa yang ada, serta pengurus BPD setempat. Untuk susunan pengurus BPD Namo Sialang, Ketua : Duga Pinem, Sipil Ginting (Sekretaris BPD) dan Bendahara Desa, Majelis Ginting. Sebelumnya, acara perayaan 17-an tersebut dibuka dengan pembacaan do’a yang disampaikan Pemuka Agama desa, M.Isa.(rud)


Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top