yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: BMX Trabas Merdeka Adventure 2016 Sukses : Ratusan Peserta “ Ampun ” Lewati Rawa Demit & Bukit Neraka
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
BMX Trabas Merdeka Adventure 2016  Sukses : Ratusan Peserta “ Ampun ” Lewati Rawa Demit & Bukit Neraka Walikota Binjai H.M Idaham da...
BMX Trabas Merdeka Adventure 2016  Sukses :
Ratusan Peserta “ Ampun ” Lewati Rawa Demit & Bukit Neraka



Walikota Binjai H.M Idaham dan Ketua DPRD Kota BInjai saat melepas peserta BMX Trabas Merdeka Adventure 2016

Stabat,News Metrolangkat.com

BMX Trabas Merdeka  Adventure 2016 yang digelar 21 Agustus 2016 berlangsung sukses. Acara pelepasan ratusan rider yang ikut ambil bagian  diacara ini dilepas langsung oleh Walikota Kota Binjai H.M Idaham SH Msi didampingi Ketua DPRD Kota Binjai Zainuddin Purba SH, Kaden Brimob AKBP Nugroho Tri Nuryanto , Dan Subdenpom Binjai,Kapten Nanang S beserta anggotanya,   Danyon Arhanudese, 11/BS Letkol Arh Hermansyah, Minggu (21/8) dilapangan Merdeka Binjai.

Walikota Kota Binjai yang semula hanya berniat melepas, ahirnya ikut ambil bagian bersama Ketua DPRD Binjai. Melihat orang nomor satu di Binjai ini ambil bagian, jelas menambah semangat ratusan Rider  memacu tungganganya yang datang dengan berbagai jenis serta merek“kuda besi” tersebut.

Deru suara knalpot sekitar tiga ratusan Rider tersebut terdengar memecah jalan lintas Binjai-Bukit Lawang. Iring-iringan Trail inipun mendapat sambutan warga yang berdiri dipinggir jalan sambil melambai dan bertepuk tangan menyemangati. Setelah berbelok kanan menuju  Kecamatan Selesai, para Rider mulai diperkenalkan dengan jalur.

Perkebunan sawit yang membentang dKecamatan Selesai dan Wampu ini menjadi saksi aksi-aksi XTRIM para rider yang memang sudah teruji kemampuannya dalam menaklukkan medan-medan Xtrim. Sajian awal yang menyambut para rider adalah Paret berlumpur yang dalam harus dilalui para Rider ditengah-tengah perkebunan.
Peserta Trabas dilepas dari lapangan Merdeka Binjai.

Rintangan kecil ini merupakan jalur awal yang harus dilalui para Rider. Meski terbilang ringan, tapi tak sedikit rider yang terguling maupun terperosok dikubangan paret. Bahkan ada diantara rider harus balik kanan karena sepeda motor yang digunakan mengalami kerusakan.

Setelah melewati parit yang berair, para Rider harus mempersiapkan tenaga lagi karena didepan menanti rintangan lainya yakni perbukitan yang licin dan menurun. Dijalur ini tak sedikit Rider yang terjungkang . Meski begitu semangat para Rider yang begitu tinggi, ahirnya mampu menaklukkan rintangan kedua ini.

Setelah menaklukkan track tadi,rider kini dihadapkan dengan jalur rawa- rawa. Dijalur ini banyak Rider yang kehilangan tenaga dan harus merebahkan diri dikubangan karena kelelahan. Salah seorang rider yang harus berkubang dirawa- rawa ini adalah Gultom. Rider bertubuh tambun ini harus mengakui sulitnya menaklukkan jalur yang satu ini.

“ Bukan main jalur ini, betul- betul menantang dan menguji adrenalin, kita bang” kata Gultom yang menunganggi Trail warna merah ini. Serupa dengan Gultom, Julfan Efendy tak kalah lelah dijalur ini. Pria yang menunganggi sepeda motor trail dengan sebutan “ Kolor Hijau” inipun terpaksa dievakuasi oleh tim rescue karena mengalami trabel pada sepeda motornya.
salah seorang peserta Trabas melintasi jalur Neraka.(yoga)

Selain Julfan dan Gultom, Rider lainya dari Sat Brimob juga mengalami kendala setelah sepeda motor trail yang dipacu terguling dijalur awal. Akibatnya peserta bermarga Tarigan ini pun harus iklas meningalkan jalur karena mengalami cidera. Meningalkan lokasi rawa tadi, kini rider dijamu rintangan yang makin berat. Kali ini peserta dihadang jalur rawa dibibir sunggai yang panjangnya sekitar 300 meter.

Tak tanggung-tanggung, ratusan Rider yang melintasi jalur ini harus ditarik satu persatu oleh tim rescue karena sepeda motor yang ditungangi tenggelam hingga setenggah body. Setelah meningalkan jalur rawa (Gong-red), tantangan selanjutnya yang menanti rider adalah rawa dedemit. Rawa yang dulunya merupakan sungai mati ini, belum pernah dilalui sama sekali  oleh warga sekitar karena dikenal angker.
Tak salah dinamakan rawa dedemit.

Sebab, beberapa sepeda motor rider yang melintasi jalur berbahaya ini terperosok kedalam lumpur seperti ditarik kedalam. Saling bantu sesama Rider ahirnya membuat perjalanan dijalur ini bisa dilalui meski tertahan beberapa jam lamanya.
Peserta Trabas photo bersama usai menaklukkan jalur yang Xtrim

 Setelah tenaga para rider habis terkuras habis, tantangan yang kian berbaha berikutnya adalah “ Jalur Neraka” atau bukit Jahanam. Dinamakan jalur Neraka atau Bukit Jahanam karena tak sedikit rider yang jatuh terguling ketika coba memanjat bukit ini dengan trailnya.” Ini jalur syetan, sungguh luar biasa,” ketus seorang peserta saat mengamati terjalnya bukit Jahanam.

Aksi para rider dibukit Jahanam inipun sontak menjadi tontonan gratis warga sekitar. Bagi rider yang berhasil memecut trailnya sampai kepuncak warga akan menepukinya sebagai apresiasi. Sedangkan yang jatuh terguling kebawah akan diteriaki dengan sorak sorai. “ Jalurnya memang mantap kali, pokoknya ampunlah dibuatnya,” ujar Yoga yang mengaku sangat puas dengan jalur kali ini.
Walikota Binjai H M Idahan diabadikan bersama Try Yoga Darma Hsb salah seorang Rider Xtrim yang telah melanglang buana.(yg)

Setelah menyelesaikan jalur hingga kekampung Bali di Kec Wampu, ahirnya para rider sampai ke Finish di Bukit Lintang di Kecamatan Wampu. Senyum mereka dan gelak tawa terdengar renyah diantara wajah-wajah penat para rider yang telah menyelesaikan pertarungan Xtrim kali ini. “ Mantap-mantap, jalurnya. Pokoknya Ampunlah dibuatnya, “ pekik seorang rider sambil melepas pelindung kakinya.

Terpisah Ketua Panitia BMX Maju Perangin-angin didampingi pengurus BMX Binjai-Langkat, Drs Iskandar Paloh, M Darwis Sinulingga, Julfan Efendy, Rendro Maestio, Hendri Badunk, Try Darma Yoga Hsb, Reliandi, Aidil, Adi Bengkel, Diduk, Gondrong, Ewin, serta beberapa pengurus lainya mengaku puas dengan kegiatan yang digelar hari ini.

“ Alhamdulilah, Trabas hari ini semuanya selesai tanpa kendala apapun, baik kendala dilapangan maupun kendala-kendala yang tak kita ingini. Hal ini patut kita syukuri,” kata Maju pangilan akrab pengila motor Trail ini disela-sela istirahat.

Tidak semua jalur kita tempuh hari ini, kita hanya menjalani setengahnya saja, kalau kita habiskan semua jalur, paling cepat kita akan tiba difinis pukul 21.00 Wib. “ Ujar Maju seraya memohon maaf kepada peserta bila ada yang kurang berkenan dihati. “ Jalur kita memang Beda, karena kita tanpa Narkoba,”  Lirih Maju mengingatkan.

Sedangkan Julfan Efendy ketua BMX- Binjai Langkat, mengaku berbanga hati dengan apa yang dilakukan bersama hari ini. “ Awalnya kita cuma merencanakan sekitar dua ratus orang saja pesertanya, tapi begitu menjelang hari H nya, ada sekitar 253 orang yang mendaftar ini sungguh luar biasa, harapan kita kegiatan ini bukan cuma untuk mengukur jalur Xtrim melainkan dapat saling kenal dan meningkatkan tali silaturahmi.

“ Kita juga mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak-pihak yang mendukung hingga suksesnya acara ini. Mereka-mereka yang begitu besar peranya yakni Harian Metro Langkat-Binjai, www.metrolangkat.com. Komentar Rakyat Binjai (KRB), BMT Pradesa, Jumbo Perabot, DPD Perindo Langkat, serta rekan dari Polisi Militer (PM) Binjai.” Timpal Julfan..

Selain itu kedepannya kita (BMX-red) akan mengagendakan kegiatan sosial yakni penanaman pohon. Ada sekitar 1000 batang bibit telah kita siapkan, tinggal mencari lokasi tanamnya saja,  “ jelas Julfan. Ahirnya acara BMX Trabas Adventure 2016 inipun ditutup dengan doa bersama.(yg)   
Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top