yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Rumah Ilegal Tanpa IMB di Lahan PTPN 2
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Rumah Ilegal Tanpa IMB di Lahan PTPN 2 BINJAI : News Metrolangkatbinjai.com Pembangunan bangunan liar yang dilakukan oknum Asisten ...
Rumah Ilegal Tanpa IMB di Lahan PTPN 2

BINJAI : News Metrolangkatbinjai.com

Pembangunan bangunan liar yang dilakukan oknum Asisten Rayon C PTPN 2 Kebun Sei Semayang, Jef, di lahan milik perusahaan BUMN di sekitar Simpang Awas, Kota Binjai, belum mampu ditindak Dinas Tarukim Binjai. 

Padahal, instansi yang satu ini merupakan pihak yang berwenang menerbitkan surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) hingga bertanggungjawab atas member teguran, hingga perubuhan seluruh bangunan liar yang telah dilaporkan di Kota Binjai.
Bangunan tanpa ijin berdiri megah dilahan PTPN-2 dibiarkan

Sayangnya, dua Kepala Bidang (Kabid) di Dinas Tarukim, yakni Kabid Perijinan dan Kabid Penindakan, sepertinya belum bersinergi dalam melaksanakan perintah Pemko Binjai yang diatur dalam Perda. Bahkan, dalam melaksanakan tugasnya, diyakini data penerbitan perijinan bangunan yang ada di Bidang Perijinan dengan Bidang Penindakan, disinyalir tidak sesuai.

Apalagi, Megang, selaku Kabid Penindakan, sangat sulit sulit dikonfirmasi terkait banyaknya bangunan liar yang selama dalam proses pembangunannya hingga bangunan tersebut selesai dikerjakan tidak dilengkapi IMB.

Sementara, Baringin, selaku Kabid Perijinan, selalu berkilah tidak ingat berapa jumlah perijinan bangunan yang sudah dikeluarkan.

“Kalau masalah jumlah IMB yang sudah dikeluarkan, gak bias ingatlah aku berapa jumlahnya. Macam aku mengingat karena begitu banyak jumlahnya,” ujar Baringin yang menganggap pertanyaan media ini terasa aneh, Senin (27/6) di ruang kerjanya.

PAdahal, selaku Kabid Perijinan, Baringin dipastikan memiliki catatan tersendiri dalam dokumen perijinan yang dikelolanya.

“Kalau masalah bangunan perumahan di lahan PTPN 2 itu, Abang tanyakan aja langsung sama Kabid Penidakan. Apalagi Abang pegang surat teguran dari manager perusahaan bersangkutan. Tanyakan aja langsung Bang sama Kabid Penindakan. Kalau saya sama sekali gak ingat apakah bangunan-bangunan rumah yang selama ini diberitakan telah mengurus IMB nya atau tidak. Gak ingat lah saya,” ujar Baringin.

Sementara itu, Kabid Penindakkan bangunan liar Dinas Tarukim, Megang, berulangkali coba dikonfirmasi di ruang kerjanya, belum berhasil, Senin (27/6).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, carut marut kelangsungan kondisi PT.Perkebunan Nusantara (PTPN) 2, berimbas pada kesejahteraan hampir semua karyawan perusahaan plat merah tersebut di wilayah Sumatera Utara. Ditambah lagi, banyaknya lahan eks Hak Guna Usaha (HGU) yang selama ini dikelola PTPN 2 telah digarap masyarakat dan sebahagian besar lainnya telah diperjualbelikan kepada konglomerat, membuat staf perusahaan BUMN tersebut tergoda untuk memiliki rumah di atas lahan tempat dia bekerja selama ini.

Ironisnya, bangunan yang didirkan tersebut, selain tidak mendapatkan ijin dari pimpinan dimana dirinya bekerja, dengan nekatnya juga menentang Pemko Binjai karena mendirikan bangunan permanen tanpa dilengkapi rekomendasi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)

Ya, seperti yang dilakukan Asisten Rayon C Kebun Sei Semayang berinisial Jef ini. Kendati jelas-jelas belummendapaqtkan ijin dari petinggi di perusahaannya, Jef tetap nekat mendirikan bangunan di halaman rumah dinas yang selama ini ditempati oknum asisten tersebut.

Mengetahui adanya upaya”pembangkangan” ingin menguasai lahan di atas lahan perusahaan, karuan membuat atasan Jef meradang, dengan melayangkan sepucuk Surat Teguran bernomor SSM/P.18/VI/2016 yang ditandatangani Manager PTPN 2 Kebun Sei Semayang,Ir.Edward Sinulingga.

Surat Teguran tertanggal 2 Juni 2016 tersebut, dilayangkan sehubungan dengan perbuatan oknum Jef yang mendirikan bangunan di atas pekarangan rumah dinas yang selama ini ditempati Asisten Tanaman Rayon C tersebut.

Dalam Surat Teguran tersebut dijelaskan, bahwa sebagai seorang Karyawan Pimpinan yang masih aktif, seyogianya Jef tidak melakukan perbuatan (mendirikan bangunan-Red) di atas lahan milik PTPN 2, karena dikhawatirkan akan menjadi preseden buruk bagi karyawan lainnya dan bagi masyarakat di sekitar lingkungan tempat tinggalnya.

Dalam Surat Teguran tersebut juga ditegaskan bahwa  oknum Jef harus segera menghentikan sekaligus membongkar bangunan yang dianggap ilegal oleh perusahaan tempat Jef bekerja selama ini.

Sementar itu, oknum Asisten Tanaman Rayon C Kebun Sei Semayang, Jef, saat berulangkali coba dikonfirmasi di rumah dinasnya terkait adanya surat teguran dari Manger PTPN 2 Kebun Sei Semayang atas pembangunan rumah ilegal tersebut, belum berhasil.

Namun, rekan Jef yang saat ini bertugas di Pabrik Gula Kwala Madu (PGKM), merasa kaget saat diberitahu tentang tindakkan Jef tersebut.

“Wah, kayaknya Jef masih belum berubah. Sering kali bikin masalah. Memang dulu sebelum dipindahkan ke Kebun Sei Semayang, posisi Jef di KwalaMadu juga sebagai Asisten Tanaman. Tapi kalau sudah ada teguran dari Manager, Ir.Edward Sinulingga, berarti memang sudah besar kasusnya,” ujar sumber METRO LANGKAT-BINJAI yang tidak ingin disebutkan jati dirinya kepada media ini melalui ponselnya, Minggu (26/6) petang.

Terpisah, Koordinator Lapangan Dinas Tarukim Kota Binjai, Sudarsono, saat disampaikan tentang adanya bangunan ilegal yang dibangun di atas tanah negara (PTPN 2) di Kota Binjai, dekat dengan rumah ibadah dan mall terbesar Kota Binjai, mengaku belum mengetahuinya.

“Wah, kalau di lokasi yang Abang sebutkan saya belum memantaunya, Bang. Apalagi dari penjelasan Abang yang telah mendapatkan surat teguran dari pimpinan perusahaan dimana oknum asisten tersebut bekerja, berarti memang valid bahwa bangunan itu ilegal. Coba aja Abang konfirmasi langsung sama pimpinan saya di Dinas Tarukim yang membidangi perijinan atau bagian penindakan. 

Kalau saya,kan, cuma menjalankan perintah serta melaporkan setiap adanya temuan kepada atasan saya. Selanjutnya, yah terserah apa keputusan pimpinanlah Bang. Yang penting, saya sudah menjalankan tupoksi saya,” ujarnya bijak kepada METRO LANGKAT-BINJAI, melalui ponselnya, Minggu (26/6).

//Ket.Foto : Bangunan liar yang dibangun oleh oknum Asisten Rayon C PTPN 2 Kebun Sei Semayang, Jef, di lahan
 milik perusahaan BUMN di sekitar Simpang Awas, Kota Binjai, belum mampu ditindak Dinas Tarukim Binja
Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top