yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Pemko Diminta Serius Bina Usaha Jasa Kontruksi
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Ilustrasi Bina Usaha Jasa Kontruksi MEDAN: MLM  Pemerintah Kota Medan diminta untuk lebih serius dalam melakukan pembinaan terhadap...
Ilustrasi Bina Usaha Jasa Kontruksi
MEDAN: MLM 

Pemerintah Kota Medan diminta untuk lebih serius dalam melakukan pembinaan terhadap usaha jasa konstruksi yang ada di kota itu agar mampu bersaing di pasar global, terutama menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Anggota DPRD Kota Medan Modesta Marpaung di Medan, Senin, mengatakan, Pemkot Medan wajib memberikan pelayanan dan pembinaan atas jasa konstruksi agar mampu meningkatkan daya saingnya, juga dalam upaya terwujudnya ketertiban dalam penyelenggaraan pekerjaan konstruksi secara optimal.
"Dan dalam pemberian sertifikat harus seobjektif mungkin melakukan penilaian atas kompetensi dan kemampuan usaha jasa konstruksi, baik yang berbentuk usaha perorangan mau pun badan hukum dan bukan berdasarkan `Like and Dislake`," kata politisi dari Partai Golkar itu.

Ia mengatakan, dewasa ini jasa konstruksi merupakan bidang usaha yang banyak diminati oleh masyarakat di berbagai tingkatan yang ditandai dengan semakin banyaknya jumlah persahaan yang bergerak di bidang tersebut.

Kondisi dan situasi sekarang jauh berbeda dengan beberapa tahun lalu dengan berlangsungnya era globalisasi dan pasar bebas, khususnya MEA yang tidak luput akan menimpa dunia usaha jasa kontruksi, sehingga akan banyak kontraktor asing datang ke Indonesia.
Guna dapat bersaing dengan kontraktor asing, mau tidak mau kontraktor dalam negeri harus mampu sebanding dengan pangsa pasar.

Besarnya peningkatan jumlah perusahaan konstruksi tersebut belum diikuti dengan peningkatan kualifikasi dan kinerjanya, yang tercermin dengan ketepatan waktu pengerjaan proyek dan efisiensi pemanfaatan SDM, modal, dan teknologi dalam penyelenggaraan jasa konstruksi belum sebagaimana yang diharapkan.
"Jika kondisi tersebut tidak segera diantisipasi dengan meningkatkan kemampuan usaha jasa konstruksi kita, maka tidak akan lama lagi perusahaan jasa kontruksi kita hanya bisa bekerja sebagai sub kontraktor dari perusahaan asing walaupun di daerah kita sendiri," katanya.  (ANT)
Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top